Pemkot Madiun Hadirkan Uji Emisi Gratis Khusus Sepeda Motor
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 4 Agustus 2022 14:00 WIB
Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur mengukur kualitas emisi gas buang kendaraan roda dua di Jl Raden Inten II, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022. Uji emisi gratis ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencemaraan udara yang dihasilkan kendaraan bermotor. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menghadirkan uji emisi gratis khusus sepeda motor. Langkah itu dilakukan untuk memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kinerja mesin kendaraan roda dua.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Sub Koordinator Pengendali Dampak Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Eko Djoko Soenarso. Ia menjelaskan bahwa uji emisi ini sengaja dihadirkan secara gratis untuk menarik minat masyarakat Madiun.

"Ini sebagai upaya penarik masyarakat agar tertarik melakukan uji emisi. Bahkan kita juga memberikan hadiah tempat minum dan juga makanan ringan secara acak untuk merangsang warga mengikuti uji emisi," ujar Eko Djok, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menyebut uji emisi gratis bakal dilakukan di kantor-kantor kelurahan di Kota Madiun. Sedangkan untuk tahap pertama, uji emisi ini akan dilakukan di Kantor Kelurahan Kejuron.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun dilaporkan telah menyiapkan lebih dari 1.000 hadiah tempat minum bagi pemilik sepeda motor yang melakukan uji emisi gratis. Setidaknya ada 50 hadiah yang tersebar di titik uji emisi Kota Madiun.

Eko mengatakan bahwa sepeda motor yang tidak lolos uji emisi tak selalu kendaraan lama. Bahkan, kata dia, tidak sedikit motor keluaran baru yang gagal lulus uji emisi di wilayah tersebut.

"Banyak kendaraan tahun baru yang tidak lulus uji. Karenanya kita perlu melakukan uji emisi secara berkala untuk mengetahui kondisi kendaraan kita," ujar dia menjelaskan.

Menurut laporan yang sama, ada 45 warga kelurahan setempat yang mengikuti tes uji emisi gratis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 sepeda motor yang dinyatakan tidak lulus uji emisi.

Baca juga: Hino Diminta Recall 20.900 Unit Akibat Penipuan Data

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Uji Emisi Gratis
#Sepeda Motor
#Madiun
#Motor
#Uji Emisi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi