Layanan Uji Emisi Gratis Hadir di Kawasan CNI Jakarta Barat
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 6 Juli 2022 12:00 WIB
Petugas mengukur kualitas emisi gas buang kendaraan roda empat di perumahan Pesona Khayangan Depok, Jawa Barat, Selasa, 16 November 2021. TEMPO/M Taufan Rengganis

GOOTO.COM, Jakarta -  Pemerintah Kota Jakarta Barat dilaporkan telah membuka pelayanan uji emisi gratis di kawasan CNI, Kembangan, pada Selasa, 5 Juli 2022. Itu dilakukan untuk mendukung pengurangan emisi karbon di Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat, Herry Permana.

"Hari ini kita berlakukan uji emisi gratis di kawasan CNI untuk mobil berbahan bakar bensin dan solar," kata dia seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Rabu, 6 Juli 2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa uji emisi gratis ini dilakukan untu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memeriksa mesin agar tidak menyebabkan polusi. Maka dari itu, kata dia, nantinya mobil yang melintas di Jalan Lingkar Luar Barat bakal diberhentikan.

Petugas Kepolisian dan Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Barat (Jakbar) bakal mengarahkan mobil-mobil tersebut untuk melakukan uji emisi di tenda yang sudah disiapkan. Sekedar infotmasi, sejumlah mobil yang masuk tenda itu bakal dicek melalui asap yang dikeluarkan knalpot.

Apabila kadar asapnya dinilai memenuhi standar yang ditetapkan, maka mobil itu lolos uji emisi. Sejumlah kendaraan roda empat itu, kata Herry, akan langsung terdata di aplikasi E Uji Emisi dengan masa berlaku setahun.

"Jadi kalau sekarang dinyatakan lulus tanggal 5 Juli nah 5 Juli 2023 sudah habis masa berlakunya," kata dia menjelaskan.

Akan tetapi jika mobil tidak lolos uji emisi, maka kendaraan tersebut diharuskan servis di bengkel resmi dan melakukan tes lagi.

Herry melanjutkan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan dapat melakukan uji emisi terhadap ribuan mobil. "Kegiatan ini berjalan tiga hari mulai hari ini, kita targetkan bisa mencapai 2.500 mobil," tutup dia.

BacaGMC Hummer EV Hanya Produksi 12 Unit per Hari Akibat Krisis Chip

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Uji Emisi Gratis
#Uji Emisi
#Jakarta Barat
#Mobil
#Kendaraan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi