Terminal Kampung Rambutan Gelar Uji Emisi Gratis, Diikuti 106 Kendaraan
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 2 Desember 2022 14:00 WIB
Petugas memeriksa emisi gas buang kendaraan bermotor di kawasan Terminal Blok M, Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022. Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor dalam rangka sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

GOOTO.COM, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyelenggarakan uji emisi gratis di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada Kamis, 1 Desember 2022. Kegiatan ini sengaja digelar bagi pengguna kendaraan bermotor di wilayah tersebut.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Kasi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tiana Brotoadi. Ia mengatakan uji emisi ini dilakukan untuk mendukung program langit biru di Ibu Kota.

Tiana melaporkan ada sebanyak 106 kendaraan yang mengikuti uji emisi gratis ini. Secara rinci, ada 78 unit sepeda motor dan 28 unit mobil yang menguji kendaraannya di terminal Kampung Rambutan.

"Khusus di terminal bus Kampung Rambutan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan penerapan disinsentif parkir atau penggunaan tarif parkir tertinggi di area park and ride terminal bus Kampung Rambutan," kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa pihaknya membawa tiga alat uji emisi di lokasi tersebut. Dua di antaranya adalah alat uji untuk kendaraan berbahan bakar bensin, dan satu lagi untuk bahan bakar solar.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga bakal mengunjungi beberapa titik di wilayah Ibu Kota untuk melakukan kegiatan uji emisi gratis. Keputusan ini diambil agar pengujian merata jelang penerapan aturan tarif parkir tertinggi.

Tiana memastikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti UPT Terminal dan UP Parkir Dinas Perhubungan DKI. Ia pun bverharap program uji emisi gratis ini bisa berhasil secara maksimal.

"Kami juga berkeliling ke lima wilayah Ibu Kota untuk melakukan layanan jemput bola kegiatan uji emisi kendaraan bermotor milik warga Jakarta," ucap dia menambahkan.

Baca juga: Komunitas Mobil Ayla Sarankan Penggunaan BBM Jenis Pertamax

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Uji Emisi Gratis
#Uji Emisi
#Terminal Kampung Rambutan
#Kendaraan
#Dinas Lingkungan Hidup

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi