3 Jenis Ban yang Disediakan di Formula 1 Italia 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 9 September 2022 07:00 WIB
Pembalap Red Bull Max Verstappen beraksi selama balapan F1 GP Hongaria, Hungaroring, Budapest, Hongaria, 31 Juli 2022. REUTERS/Lisa Leutner

GOOTO.COM, Jakarta - Pirelli dilaporkan telah menyiapkan tiga jenis ban untuk para pembalap di Grand Prix Formula 1 Italia akhir pekan ini. Pemasok ban itu dikabarkan bakal menyiapkan berbagai ban yang cocok digunakan dalam setiap cuaca yang berbeda-beda.

Menurut laporan dari situs resmi F1, tiga jenis ban itu adalah hard C2 bertanda putih (set x2), medium C3 bertanda kuning (set x3) dan soft C4 bertanda merah (set x8). Nantinya setiap tim pabrikan bakal membawa ketiga jenis ban itu selama rangkaian balapan Formula 1 Italia.

“(Sirkuit) Monza terkenal dengan kecepatan tinggi dan beberapa tikungan cepat, di mana penting untuk memiliki mobil dengan keseimbangan sempurna,” kata Direktur Pirelli Motorsport Mario Isola, dikutip dari situs resmi Formula 1.

Lebih lanjut Isola juga menyebut bahwa Pirelli telah menyediakan ban belakang yang bisa mengurangi panas di lintasan Formula 1 musim ini. Hal itu sengaja dilakukan untuk mengantisipasi adanya Slipstreaming.  

“Ban tahun ini seharusnya mengurangi panas berlebih pada bagian belakang di trek, di mana mobil mengalami downforce rendah dan sering menggunakan slipstreaming untuk mendapatkan derek,” ujar dia.

“Tanpa Sprint di Monza tahun ini, tim akan menuju Grand Prix dengan informasi yang lebih sedikit daripada sebelumnya, yang berarti pendekatan strategis akan sedikit berbeda,” kata dia menambahkan.

Formula 1 Italia sendiri bakal dimainkan pada Minggu, 11 September 2022. Nantinya para pembalap bakal menjalani dua sesi latihan bebas (FP1 dan FP2) pada hari ini Jumat, 9 September 2022.

Baca Juga: Gantikan Vettel, Nyck de Vries Bakal Tampil di Formula 1 Italia

FORMULA 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Formula 1 Italia
#Ban
#Formula 1
#F1
#Pirelli

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi