Tips Merawat Motor, Perhatikan 6 Langkah Ini
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Jumat, 9 September 2022 12:47 WIB
Mekanik sedang melakukan servis pada Yamaha RX King di Bajay Motor, Bogor. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tips merawat motor yang sederhana mesti menjadi perhatian para pengendara motor. Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena selain harganya lebih murah, juga mempermudah mobilisasi teritama di kota besar yang selalu mengalami kemacetan lalu lintas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengguna motor tak jarang melupakan perawatan dengan alasan motor masih bisa dipergunakan, Berikut tips merawat motor secara sederhana, dilansir dari Astramotor hari ini, Jumat, 9 September 2022:

1. Rutin Ganti Oli MesinJika ingin sepeda motor kalian tetap awet dan prima, maka harus rajin dalam mengganti oli mesin motor. Oli juga berguna untuk merawat dan mendinginkan mesin pada saat bekerja. Maksimal ganti oli mesin dua bulan sekali, tapi ini bisa sesuaikan tergantung dari pemakaian motor itu sendiri.

2. Periksa Aki MotorAki menjadi komponen yang penting yang berguna sebagai kelistrikan motor. Selalu cek aki motor, Jika menggunakan aki basah maka ketika air aki habis mesti diisi. Tapi jika menggunakan aki kering, setrumkan aki jika dayanya berkurang.

3. Pakai Lampu Jauh dan Dekat BergantianTips merawat motor lainnya adalah gunakan lampu secara bergantian saat berkendara agar memperpanjang usia dari lampu motor itu sendiri. Gunakan lampu jarak jauh pada siang hari dan lampu dekat pada malam hari.

4. Periksa Kondisi Ban MotorMemeriksa kondisi angin ban pada sepeda motor wajib dilakukan agar tidak menyebabkan kecelakaan atau membuat ban bocor dan velg jadi rusak

5. Cuci Motor Seminggu SekaliSelain enak dipandang, mencuci motor berfungsi untuk menghilangkan air dan debu pada motor Anda. Terlebih jika musim hujan, dengan rajin mencuci motor maka kendaraan menjadi terawat.

6. Servis RutinTips merawat motor secara sederhana beriktunya adalah lakukan servis motor secara rutin agar motor nyaman dan aman dikendarai. Servis motor bisa dilakukan setiap 5.000 km atau kelipatannya. Bawa motor ke bengkel resmi agar mendapatkan perawatan yang terjamin.

Baca: Tips Merawat Radiator Motor Versi Yamaha

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi