Bonus Untuk Mobil Bekas Di Jerman  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 8 Maret 2009 15:46 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Resesi global yang menahan konsumen untuk berbelanja termasuk berbelanja mobil telah memaksa pemerintah Jerman mengeluarkan 1,5 miliar Euro untuk sebuah program penukaran mobil bekas dengan mobil baru.

Program itu berlaku bagi mobil-mobil yang sudah mencapai masa pakai sembilan tahun atau lebih.

Pemerintah Jerman menawarkan uang sebesar 2.500 euro bagi pemilik mobil yang bersedia menukar mobil mereka dengan mobil baru atau mobil bekas yang berusia tidak lebih dari satu tahun untuk mendorong pertumbuhan penjualan mobil dan industri otomotif. Sebagai gambaran sebuah mobil BMW seri 3 di Eropa ditawarkan mulai harga 29.000 Euro (atau sekitar Rp 442 juta).

Hasilnya, Kementerian ekonomi melaporkan sudah ada 150.000 aplikasi yang masuk. Selain itu penjualan mobil di Jerman menurut Federasi Produsen Mobil VDA Jerman, terdongkrak 21,5 persen selama bulan Februari akibat program itu. Tapi tetap saja ekspor mobil pada bulan yang sama turun 51 persen.

Federasi itu juga menginformasikan bahwa untuk mendorong penjualan mobil baru pemerintah Jerman akan memberlakukan pajak kendaraan yang lebih rendah bagi mobil-mobil yang rendah tingkat polusinya mulai bulan Juli, sehingga federasi itu mengharapkan ada peningkatan penjualan mobil baru pada semester kedua tahun ini.

MOTORING | AFP | RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi