Sandiaga Uno Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balap WSBK 2022
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 12 Oktober 2022 06:09 WIB
Pembenahan trek Sirkuit Mandalika menjelang WSBK 2022. FOTO: ITDC
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan Sirkuit Pertamina Mandalika siap menggelar ajang balap World Superbika atau WSBK 2022. Balap WSBK Mandalika sendiri akan digelar pada 11 hingga 13 November mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya mengapresiasi persiapan yang terus dilakukan dengan baik, termasuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama pemerintah daerah, para stakeholder, industri pariwisata di NTB, dan banyak pihak dalam mempersiapkan event ini," kata Sandiaga Uno, dikutip dari Antara hari ini, Rabu, 12 Oktober 2022.

Menjelang perhelatannya, persiapan terus dilakukan seluruh pihak mulai dari Dorna Sports, MGPA, ITDC, Pemprov NTB, dan pihak terkait lainnya. Beberapa waktu lalu Kemenparekraf juga telah menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports untuk penyelenggaraan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.

"Mereka sangat antusias untuk penyelenggaraan di Indonesia, dengan sirkuit yang juga terus diperbaiki, ditingkatkan, mereka sudah happy dan menilai sudah sesuai standar," kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani.

Menjelang perhelatan balap motor WSBK Mandalika 2022, Sirkuit Mandalika dilakukan sejumlah perbaikan. Adapun pekerjaan yang dilakukan ini antara lain menyempurnakan permukaan lintasan utama dengan pengaspalan ulang pada trek, penambahan run off pada beberapa tikungan, serta perubahan trotoar pada beberapa tikungan dari trotoar biasa menjadi Misano Curb guna meningkatkan keselamatan.

Permintaan perbaikan ini disampaikan oleh Dorna dan FIM setelah evaluasi atas pelaksanaan balapan MotoGP pada bulan Maret 2022 lalu, serta beberapa perubahan regulasi dari FIM yang perlu dilakukan peningkatan. Perbaikan direncanakan selesai seluruhnya pada akhir Oktober 2022," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Selain dilakukan track improvment, ITDC dan MGPA juga tengah berupaya mendapatkan homologasi roda empat dar Federation Internationale de I'Automobile (FIA). Saat homologasi didapat, Sirkuit Mandalika diharapkan bisa menggelar berbagai balapan internasional roda empat.

Kemudian untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di Sirkuit Mandalika saat gelaran WSBK 2022, MGPA telah berkoordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat untuk mengantisipasi kemacetan. Polda NTB dan MGPA telah menyiapkan strategi untuk pengaturan kendaraan dan lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan yang datang ke kawasan Mandalika.

"Saat ini telah selesai memperluas jalan dari dan menuju sirkuit, yang semula 2 lajur menjadi 4 lajur serta pembangunan jalur pejalan kaki," kata Andhi.

Untuk memenuhi kebutuhan parkir, ITDC dan MGPA juga telah membuat kantong-kantong parkir baru untuk menambahkan daya tampung kendaraan agar tidak terjadi kemacetan. Tercatat akan ada total 28 titik parkir yang dapat menampung 110 bus, 9.116 mobil, dan 3.172 sepeda motor.

DICKY K. | ANTARA

Baca: Penonton WSBK 2022 dengan KTP NTB Diskon Tiket 50 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi