Mengenal Cara Kerja Sistem Hybrid Wuling Almaz
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 5 November 2022 17:38 WIB
Wuling Almaz Hybrid, 4 November 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, JakartaWuling Almaz Hybrid resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Kamis, 3 November 2022. Model ini menjadi mobil hybrid pertama Wuling di Tanah Air. Almaz Hybrid menggabungkan mesin 2.0L dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 1,8 kWh. 

Teknologi hybrid pada Wuling Almaz ini penyaluran tenaganya terbagi ke dalam tiga mode, yakni EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid. Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, masing-masing mode akan bekerja berdasarkan sistem dan tidak bisa diatur oleh pengemudi.

"Mobil ini punya kemampuan untuk menentukkan mode mana yang akan dia pilih, itu berdasarkan tiga variabel utama, yang pertama kecepatan kendaraan, kondisi baterai, dan permintaan driver, kita injaknya seperti apa, permintaan torsi yang diinginkan pengemudinya seperti apa," kata Danang saat ditemui Tempo di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 4 November 2022.

Menurut Danang, Almaz Hybrid akan berjalan menggunakan EV Mode apabila syarat minimum baterai telah tercapai dan mobil melaju dengan kecepatan di bawah 40 km per jam. Saat EV Mode, mobil akan sepenuhnya digerakkan oleh baterai, sementara mesin bensinnya mati.

"Itu kalau drivernya tidak minta torsi lebih, enggak minta akselerasi. Range kecepatannya dari 0 sampai 40 km per jam," ujar dia.

Kemudian seiring semakin jauhnya mobil melaju dan kondisi baterai mencapai batas minimumnya, mesin bensinnya akan secara otomatis menyala. Mesin ini menyala untuk menyuplai baterai atau mengisi baterai.

"Di saat yang bersamaan, pergerekan mobil tetap menggunakan motor listrik. Biasanya ini terjadi di kecepatan menengah. Kalau sudah kecepatan tinggi, mesinnya akan memutuskan mode yang paling efisien. Pergerakannya hanya mesin saja, itu kalau dalam kecepatan tinggi dan bebannya kecil," tutur Danang.

Sementara kinerja keduanya akan terjadi saat mobil membutuhkan berakselerasi yang cukup tinggi. "Engine itu bekerja ada dua pilihan, dia bisa langsung menggerakkan roda atau dia mengisi baterai," kata Danang.

Bicara spesifikasi, Wuling Almaz Hybrid ditenagai mesin 2.0L dengan daya 132 HP dan torsi maksimum 168 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik yang menghasilkan total daya 174 HP dan torsi 320 Nm.

Baca juga: First Drive Wuling Almaz Hybrid: Torsi Instan 320 Nm Bikin Akselerasi Lebih Cepat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Wuling Almaz
#Almaz Hybrid
#Wuling Almaz Hybrid
#Almaz
#Wuling

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi