Peluncuran Agresif Jaga Pasar Lokal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 29 Maret 2009 18:06 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Di tengah resesi ekonomi global Ford Motor Company menerapkan strategi peluncuran model baru di pasar Indonesia. Tidak tanggung-tanggung lima varian dibawa masuk sekaligus pekan ini, ditambah satu model Hatchback paling dinanti pada akhir tahun ini, Ford Fiesta.

Seperti yang dikatakan Ford Motor Indonesia Januari lalu saat menyampaikan proyeksi tahun 2009, peluncuran produk baru yang mereka rencanakan adalah salah satu upaya menjaga penjualan lokal tidak turun terlalu tajam.

Melihat banyaknya varian yang diluncurkan tahun ini, Ford Motor Company terkesan ingin meng-off set potensi jatuhnya penjualan di pasar Asia, dengan mendorong penjualan di Indonesia. Namun bila melihat volume penjualan Ford di Indonesia, hal itu nampak tidak mungkin. Angove mengatakan penjualan Ford di seluruh Asia tahun lalu sekitar 450.000 unit. Focus cukup laris dengan 150.000 unit. Bandingkan dengan pasar lokal yang hanya menyerap hampir 8.000 unit di mana Focus hanya terjual hampir 500 unit.

Selain itu Ford Motor Indonesia menargetkan seluruh varian Focus yang dibawa tahun ini akan terjual 300 unit atau turun sekitar 40 persen dari penjualan Focus di Indonesia, tahun lalu. Angove tidak dapat menyebutkan berapa persen penjualan Focus akan turun di seluruh Asia namun untuk seluruh model, Ford Asia memperkirakan penjualan akan turun 10-15 persen dari 450.000 unit yang mereka jual di pasar itu tahun lalu.

Di Asia Ford memiliki fasilitas produksi di China, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Taiwan. Seluruh model Focus yang akan dijual di Indonesia tahun ini akan didatangkan dari Filipina.

RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi