PT Perkebunan Nusantara V Gunakan Sepeda Motor Listrik Gesits untuk Operasional
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 1 Januari 2023 17:09 WIB
CEO PTPN V Jatmiko Santosa saat menjajal sepeda motor listrik di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, Riau, baru-baru ini. ANTARA/HO-PTPN V
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kehadiran kendaraan listrik semakin populer belakangan ini. Penggunaannya juga semakin ramai, baik individu maupun korporat. Salah satunya adalah PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) yang mulai memanfaatkan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di lingkungan perusahaannya, terutama di Kota Pekanbaru. Perusahaan pelat merah ini menggunakan sepeda motor listrik Gesits yang merupakan brand lokal. Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa di Pekanbaru, Riau, Minggu, menyebutkan sebanyak enam sepeda motor listrik Gesits mulai difungsikan sebagai kendaraan operasional di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini juga mengantarkan PTPN V sebagai anak perusahaan Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) pertama yang memanfaatkan kendaraan nonemisi karbon tersebut.

Dia mengatakan kehadiran enam sepeda motor listrik Gesits yang merupakan hasil kreasi anak bangsa tersebut merupakan langkah awal dari program pengadaan kendaraan listrik di PTPN V.

"Alhamdulillah, ini adalah bentuk nyata kami dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik," katanya.

Jatmiko juga menjelaskan secara bertahap, perusahaan perkebunan sawit dan karet tersebut akan menambah jumlah kendaraan listrik menggantikan kendaraan konvensional.

Salah satu yang tengah dipertimbangkan dalam waktu dekat ini adalah pengadaan bus listrik.

Meski begitu, saat ini pihaknya masih terus berdiskusi dan menganalisa spesifikasi bus listrik sesuai dengan wilayah operasional perusahaan yang menjangkau berbagai wilayah terpencil di penjuru provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini.

Lebih jauh, Jatmiko menuturkan bahwa pemanfaatan kendaraan listrik tersebut sejalan dengan program dekarbonisasi yang masif dilakukan perusahaan sejak 2019 silam.

Di antaranya adalah upaya menekan emisi gas rumah kaca melalui pembangunan instalasi pembangkit tenaga biogas yang kini terpasang dan beroperasi di lima pabrik kelapa sawit PTPN V.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Catat Lokasinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi