Sebuah Truk Pengangkut Semen Jatuh di Dermaga 5 Merak, As Roda Patah
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 5 Januari 2023 11:00 WIB
Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada 1 melanjutkan kembali evakuasi truk pengangkut semen yang jatuh di dermaga 5 Pelabuhan Merak, Rabu 28 Desember 2022 malam. ANTARA/Mansur
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebuah truk pengangkut semen dilaporkan mengalami kecelakaan di Dermaga 5 Pelabuhan Merak pada Rabu, 28 Desember 2022. Kendaraan berat itu terjatuh ke laut setelah mengalami patah as roda dan tersangkut di ramp door kapal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Insiden itu terjadi ketika truk pengangkat semen hendak naik ke atas kapal. Namun kendaraan itu terjatuh ke laut, dan kini sudah diselematkan oleh tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I Pangkalan TNI AL Banten.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Komandan Lanal Banten Kolonel laut (P) Dedi Komarudin. Ia menyebut tim penyelam bekerja keras mengevakuasi truk tersebut karena terkendala cuaca, seperti angin kencang, gelombang tinggi hingga derasnya arus bawah laut.

"Kami bekerja maksimal dan berhasil mengangkat bangkai truk pengangkut semen itu ke darat menggunakan crane," kata dia seperti dilansir Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 5 Januari 2023.

Dalam mengevakuasi kendaraan berat tersebut, Dislambair Komando Armada I Pangkalan TNI AL Banten menurunkan 11 personel pada hari keenam. Mereka pun berhasil mengangkat bangkai truk yang memiliki bobot 20 ton tersebut.

"Keberhasilan itu tentu berkat kerja keras tim penyelam untuk mengevakuasi truk semen yang jatuh ke laut di Dermaga 5 Merak," tambah Dedi.

Sementara itu, Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I Kolonel Laut (P) Akhmad Fauzi juga ikut mengomentari aksi tim penyelam. Dirinya menilai mereka telah bekerja maksimal.

Namun menurut dia, dalam mengangkat truk pengangkut semen ke darat bukan lah sebuah hal yang mudah. Karena ada beberpaa faktor yang menghambat aksi mereka, yakni derasnya air di dasar laut, juga jarak pandang, serta beratnya muatan semen.

"Kami dengan kerja maksimal akhirnya berhasil mengangkat bangkai truk itu," kata dia, masih dilansir Gooto.com dari situs berita Antara.

Baca juga: Intip 6 Koleksi Mobil Jeremy Renner, Pemeran Hawkeye di Film Avengers

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi