Daimler Potong Gaji Karyawan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 2 April 2009 16:14 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Produsen kendaraan asal Jerman, Daimler, mengumumkan akan menekan biaya produksi tahun ini menjadi 10 miliar Euro (sekitar Rp 153,2 triliun), salah satunya dengan pemotongan gaji. Daimler mengumumkan keputusan itu sembari mengungkapkan bahwa penjualan mereka turun 40 persen selama bulan Februari.

“Ini tentu saja adalah penurunan besar pada sisi pendapatan,” kata anggota direksi ekskutif Gunther Fleig.

Selain pemotongan gaji sekitar 14 persen, produsen Mercedes itu juga akan menunda pembayaran bonus tahunan 2008 bagi pegawainya sebesar total 280 juta Euro, dan kenaikan gaji sebesar 2,1 persen tahun ini.

Fleig mengatakan Daimler belum membicarakan pilihan pemutusan hubungan kerja dengan perwakilan karyawan karena kesepakatan ketenagakerjaan setempat melarang pemecatan pada Daimler di wilayah Jerman hingga 2011. Daimler mempekerjakan 141.000 orang di Jerman.

Perusahaan itu memiliki saham pada produsen kendaraan berat Freightliner, di Amerika dan Hino di Jepang. Sahamnya di Chrysler, produsen kendaraan Amerika yang terancam bangkrut dilaporkan sebagai salah satu penyebab Daimler segera tertular resesi di Amerika Serikat.

AFP | RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi