Honda WR-V Raih 5 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP, Ini Rahasianya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 20 Januari 2023 18:00 WIB
Honda WR-V menorehkan prestasi yang patut diacungi jempol dalam penilaian ASEAN NCAP dengan total skor 77,07 poin. (Foto: ASEAN NCAP)

GOOTO.COM, Jakarta - Honda WR-V meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi dalam program uji tabrak ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia) yang dilakukan pada 10 Januari 2023.

Bila melihat rilis data yang dikirimkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), WR-V berhasil meraih skor 77,07 dari 100 (94,93/120 untuk total skor) di mana mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. 

WR-V berhasil meraih skor 27,41/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) kemudian 42,79/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16,37/21 untuk Safety Assist Technologies (SAT) dan 8,36/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Redaksi juga memeriksa data langsung dari ASEAN NCAP, WR-V mendapat catatan ketika dilakukan tabrakan frontal menunjukkan bahwa Dummy atau boneka penguji dalam keadaan baik untuk pengendara dan penumpang. Mendapat perlindungan yang baik di bagian dada, kompartemen depan kendaraan tetap baik saat pengujian.

Honda WR-V, 2 November 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan

Kemudian untuk pengujian ASEAN NCAP regulasi tahun ini menetapkan Autonomous Emergency Braking (AEB) menjadi hal yang diuji pula untuk produk tahun 2021 hingga 2025. Di pengujian WR-V untuk fitur AEB City dan Inter-Urban menjadi fitur pilihan di antara vartian lainnya. Dari hasil pengujian, semua berfungsi baik sesuai dengan ketetapan ASEAN NCAP.

Begitu pula dengan fitur Blind Spot Visualization yang disematkan di Honda WR-V berfungsi dengan baik, mampu memantau pengendara lain di luar pandangan pengendara. Motorcyclist Safety merupakan bagian dari ketetapan baru ASEAN NCAP tahun 2021-2025.

“Honda WR-V menorehkan prestasi yang patut diacungi jempol dalam penilaian ASEAN NCAP dengan total skor 77,07 poin. Dari skor ini SUV tersebut berhasil memperoleh rating maksimal 5 bintang untuk semua kategori yang dinilai (AOP, COP, SA & MS). Oleh karena itu, skor keseluruhan membuatnya memenuhi syarat untuk diberikan peringkat 5-Star ASEAN NCAP,” ujar perwakilan dari ASEAN NCAP.

Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat.

"Pencapaian yang diraih Honda WR-V menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya," kata Billy dalam keterangan resmi, 20 Januari 2023.

Baca Juga: Honda WR-V Dikeluhkan Pengemudi Jangkung, Begini Penjelasannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Honda WR-V
#ASEAN NCAP
#PT Honda Prospect Motor
#Uji Tabrak
#Honda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi