Kata ECGO EV Moto Soal Sistem Baterai Swap Motor Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 6 Februari 2023 08:00 WIB
ECGO EV Moto meluncurkan dua motor listrik ECGO 3 dan ECGO 5, Jumat, 3 Februari 2023. TEMPO/Kusnadi Cahyono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaECGO EV Moto lebih pilih baterai dipakai mandiri oleh pemilik motor ketimbang menggunakan baterai swap. Sebab ECGO EV Moto sudah mengklaim bahwa motor barunya bisa menempuh jarak hingga 160 km untuk sekali pengisian baterai.

Hal tersebut diungkapkan Gary Prawira selaku COO dan Co-Founder ECGO EV Moto saat peluncuran ECGO 3 dan ECGO 5, Jumat, 3 Februari 2023, di Menteng, Jakarta. Dirinya meyakini bahwa baterai swap tak diketahui sejarah penggunaannya. Investasi pengadaan baterai swap juga disebut mahal.

Beruntung bila mendapatkan baterai yang masih dalam kondisi bagus, bila mendapatkan baterai yang sudah mengalami penurunan kualitas tentunya akan merugikan pengguna motor. Jarak tidak akan bisa semestinya, baterai swap juga akan lebih cepat habis.

“Baterai ECGO sudah menggunakan bahan lithium-ion sehingga kapasitas baterainya bisa lebih besar dan jarak tempuh semakin jauh. Selain itu fast charging berkekuatan 900 Watt hanya memakan waktu 2,5 jam,” ujar Gary Prawira.

Baterai ECGO EV Moto bisa menempuh jarak hingga 160 km. (Foto: Tempo/Kusnadi)

“Akan beda bila menggunakan baterai milik sendiri. Bahkan untuk ECGO EV Moto punya sistem yang dapat mengetahui histori dari baterainya melalui ponsel." ujar dia. 

Gary menambahkan bahwa ECHO menyiapkan aplikasi bernama ECGO SmartApp untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui histori dari penggunaan baterai melalui ponsel. 

“Pengguna yang berlangganan baterai juga dapat mengisi pulsa, mengecek saldo rekening, dan riwayat pembelian melalui aplikasi,” kata dia.

Model terbaru ECGO 5 diklaim mampu menempuh 70 km, karena masih menerapkan satu baterai. Sistem pengisian cepat 500 Watt hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Mampu melaju kencang hingga 60 km.

Sedangkan untuk ECGO 3 dengan satu baterai bisa menempuh jarak 80 km, bisa membawa dua baterai dengan jarak total hingga 160 km. Sistem pengisian cepat 900 Watt hanya memerlukan waktu 2,5 jam untuk ECGO 3. Apabila melewati genangan air, disarankan tinggi airnya tak lebih dari 30 cm.

Baca juga: KTM 390 Adventure SW Lebih Berani Bermain Offroad

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi