Tes Pramusim MotoGP 2023: Honda RC213V Belum Optimal
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 13 Februari 2023 09:00 WIB
Catatan waktu terbaik Joan Mir 1:58,784 detik di sesi pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Foto: Box Repsol)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMarc Marquez dan Joan Mir tampil di sesi tes pramusim MotoGP selama tiga hari 10-12 Februari 2023, di Sirkuit Sepang, Malaysia. Keduanya total mengelilingi sirkuit sebanyak 100 putaran. Kendala cuaca hujan yang membasahi lintasan membuat beberapa program tak bisa diterapkan sesuai rencana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Marc Marquez sendiri total keliling 55 lap dan diyakini mengumpulkan data penting untuk diolah HRC jelang pengetesan di Portimao, Portugal pada 11-12 Maret mendatang, sebelum seri perdana MotoGP 2023 dibuka di sana.

“Sesi latihan yang positif, sejak hari pertama saya bisa memulai di area yang kecil. Mulai di sinilah motor bisa lebih kencang. Tapi kita masih harus melanjutkan sesuai jadwal dan mencoba berbagai komponen baru,” ujar Marc Marquez.

Marc Marquez memberikan informasi bagaimana Honda RC213V. harus lebih sempurna berbanding kompetitor. (Foto: HRC)

Adapun Marc Marquez menjadi pembalap ke-10 tercepat bubuhkan waktu 1:58,666 detik, terpaut 0,777 detik dari pembalap tercepat asal Ducati, Luca Marini.

“Sayangnya tak bisa lama di atas motor untuk menerapkan semua program yang dijadwalkan. Hari terakhir ini hanya lakukan 25 lap di kering dan kemudian di basah, meskipun bisa ambil beberapa data penting. Saya berusaha keras dan mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin informasi untuk Honda sejelas mungkin,” ungkap Marc Marquez.

“Akibat hujan kita harus mengubah rencana hari kedua ke hari ketiga yang kami harapkan bisa melangkah lebih maju dengan catatan waktu,” jelas dia.

Selama tiga hari tes pramusim MotoGP mengendarai Honda RC213V, Joan Mir mengakui mulai akrab dengan karakter berkendaranya. “Motor sudah seperti motor saya dan bisa lebih baik berbanding hari kemarin, ini hal yang penting,” kata dia.

Joan Mir harus menyesuaikan cara membawa Honda RC213V yang miliki karakter berbeda ketimbang motor Suzuki. (Foto: HRC)

Catatan waktu terbaik Joan Mir 1:58,784 detik menjadi pembalap tercepat ke-12, “Tim Repsol Honda telah bekerja keras sepanjang tiga hari untuk menyiapkan segalanya. Setidaknya kita masih perlu progres, ada perbaikan pertajam waktu dan lebih nyaman.” 

“Saya beradaptasi banyak cara membawa motor Honda dan menikmati cara berkendaranya, banyak pelajaran yang diambil selama tiga hari ini,” jelas pembalap bernomor #36 ini. 

Para teknisi Honda HRC kini kembali ke Jepang untuk mengolah data penting yang dikumpulkan Marc Marquez dan Joan Mir untuk tes pramusim MotoGP lanjutan di Portugal.

Baca juga: MotoGP: Enea Bastianini Sebut Rival Utamanya adalah Francesco Bagnaia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi