Hasil Kualifikasi F1 Miami 2023: Sergio Perez Raih Pole Position
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 7 Mei 2023 11:21 WIB
Sergio Perez raih Pole Position di F1 Miami 2023, 6 Mei 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSergio Perez (Red Bull Racing) kembali menunjukkan kemampuannya sebagai pembalap yang berpotensi raih titel Juara Dunia F1 2023, sebab di kualifikasi F1 Miami, Sabtu 6 Mei, berhasil catatkan waktu tercepat 1:26,841 detik. Start dari pole position memungkinkan dirinya mendominasi balapan selama 57 lap di sirkuit sepanjang 5.421 meter tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun posisi dua tercepat di sesi kualifikasi cukup mengejutkan ditempati Fernando Alonso (Aramco Aston Martin), dirinya hanya terpaut 0,361 detik. Kemudian posisi tiga ditempati pembalap Scuderia Ferrari Carlos Sainz Jr., torehkan waktu 1:27,349 detik.

“Saya pikir ini akhir pekan terburuk saya hingga kualifikasi,” kata Sergio Perez

Sergio Perez di F1 Miami 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Tapi di luar dugaan. Saya berusaha untuk dapatkan keseimbangan dan kepercayaan diri. Tapi sekarang saya memiliki peluang besar dari pole,” senang pembalap asal Meksiko ini. 

Sementara itu Fernando Alonso yang meraih grid terdepan kedua kalinya musim ini, sebelumnya di Arab Saudi, mengakui bahwa sesi kualifikasi kali ini sangat beruntung. Sebab sebelum semua pembalap menyempurnakan catatan waktu di second run, Charles Leclerc membenturkan Ferrari SF-23 di tikungan 7 sehingga bendera merah berkibar dan menghentikan sesi kualifikasi Q3 di sisa waktu 2 menit.

“Segalanya sedikit naik turun untuk beberapa balapan terakhir - Baku sangat sulit - tetapi , selama format pekan balapan regular seperti ini kami bisa bereksperimen dengan beberapa opsi berbeda di mobil,” ujar Fernando Alonso.

Fernando Alonso di F1 Miami 2023. (Foto: Aston Martin Aramco Cognizant)

Juara dunia F1 dua kali tersebut menjelaskan AMR23 tunggangannya yakin bisa lebih kencang di second run gunakan ban baru. Namun bendera kuning berkibar dan tak lama berganti bendera merah. 

“Kami menyatukan semuanya untuk kualifikasi - mobil terasa bagus. Dan, masih mobil masih bisa kencang karena di Q3 saya lakukan dengan kompon Softs bekas. Pada Second Run, dengan ban baru, saya sudah cepat beberapa persepuluh naik - tapi kemudian bendera kuning keluar,” ujar Fernando Alonso.

"Hasil di grid terdepan memberi kami banyak kepercayaan diri untuk balapan nanti - Minggu biasanya adalah hari kami; akan menjaga performa ban dan menjaga kecepatan balapan yang baik. Selain itu, start lebih depan di grid selalu membuat segalanya sedikit lebih mudah,” yakin Fernando Alonso.

Carlos Sainz Jr di kualifikasi F1 Miami 2023 raih posisi 3 tercepat untuk baris di balapan hari Minggu, 7 Mei 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)

Sedangkan Carlos Sainz Jr. yang menempati posisi tiga tercepat di kualifikasi menyatakan, “Semuanya sudah bagus di awal kualifikasi hingga akhir. Posisi tiga tidaklah buruk, tapi saya sangat yakin mobil kencang dan kemungkinan bisa dapat posisi lebih baik.”

“Tapi sangat disayangkan dengan Charles Leclerc, karena apapun bisa terjadi dan di balapan nanti kita akan menentukannya. Balapan tentu tidak akan mudah dan kita tetap waspada apabila ada perubahan cuaca. Kita akan berusaha kuat untuk dapatkan hasil bagus!” jelas Carlos Sainz Jr.

Balapan F1 2023 seri kelima yang digelar di Miami akan berlangsung hari Minggu 6 Mei. Namun waktu siaran di Indonesia akan berlangsung Senin, 8 Mei dinihari 2:30 WIB.

Pilihan Editor: Hasil FP2 F1 Miami 2023: Pembalap Scuderia Ferrari Masih Tuntut SF-23 Lebih Kencang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi