MotoGP Italia 2023: Francesco Bagnaia Tak Terkalahkan di Mugello
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 11 Juni 2023 21:47 WIB
Francesco Bagnaia di MotoGP Italia 2023. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFrancesco Bagnaia pembalap Ducati Lenovo memenangkan MotoGP Italia 2023, Minggu, 11 Juni. Start dari pole position, pembalap berusia 26 tahun ini tak terbendung melesatkan Ducati Desmosedici GP23 bernomor #1. Sedangkan finis posisi dua dan tiga dari tim Prima Pramac Ducati yakni Jorge Martin dan Johann Zarco. posisi empat ada Luca Marini (Mooney VR46 Racing.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Balapan selama 23 lap di sirkuit Mugello, Francesco Bagnaia berhasil menyelesaikan waktu 41:16,863 detik, sedangkan Jorge Martin terpaut 1,067 detik dan Johann Zarco berhasil finis terpaut 1,977 detik.

“Saya senang menjalani balapan kali ini. Tak menduga akan seperti ini, karena penggunaan ban medium akan menambah jarak di sisa lap, tapi malah hancur,” ujar Francesco Bagnaia di Parc Ferme usai balapan.

Bagnaia menambahkan, “Namun saya senang dengan hasil luar biasa ini, saatnya bersiap untuk balapan di Sachsenring (Jerman), namun kami akan menikmati hasil ini karena balapan terbaik sepanjang karir saya.” 

Podium MotoGP Italia 2023, dimenangi Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Johann Zarco. (Foto: MotoGP)

Di sirkuit Mugello ini Francesco Bagnaia sapu bersih mulai dari catat sejarah pole position dan Sprint Race yang digelar hari Sabtu kemarin, 10 Juni. Kali ini balapan dapat diselesaikan dengan sempurna.

Finis posisi dua, Jorge Martin usai balapan mengungkapkan, ”Balapan yang sangat berat, saya mencoba ban belakang berkompon lunak meski ada pilihan kompon keras, tapi saya lebih pilih kompon lunak untuk balapan. Saya ambil risiko, karena balapan kemarin saya tampil bagus. Ketika mengejar Francesco Bagnaia saya ingin lebih jauh dari pembalap di belakang, namun sisa empat lap sangat berat. Ban belakang mulai sulit dikendalikan, tapi masih bisa menjaga jalur balap dan bisa raih poin dan podium luar biasa bersama tim.”

Adapun Johann Zarco mengatakan, “Para pembalap sangat kencang di awal karena gunakan ban kompon lunak. Saya mencoba mengejar performa pada sisa akhir balapan, saya tak tahu Luca Marini gunakan ban apa, tapi saya berusaha keras mengejar Marc Marquez dan Marini. Kemudian mengejar Jorge Martin karena gunakan ban kompon lunak, tapi dia bisa menjaga ban dengan baik.” 

“Saya tak bisa lebih kencang lagi karena begitu berat dan cuaca sangat panas. Tapi setidaknya dapat podium sangat fantastis,” ujar Johann Zarco.

Saat balapan di seri keenam MotoGP 2023, pembalap yang terjatuh pertama adalah Marc Marquez (Repsol Honda), kemudian Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF MotoGP), dan terakhir Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP). 

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Italia: Brembo Ingatkan Pengereman Kuat di Mugello

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi