Kondisi Ban yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor Listrik
Reporter: Dimas Prassetyo
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 3 Agustus 2023 10:38 WIB
Ban motor listik dari Swallow. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBagi pengguna motor listrik hal utama agar performa tetap baik tersalur ke roda perlu memerhatikan pemakaian ban secara seksama. Sebab bila lalai, tujuan ingin lebih efisien memakai motor listrik malah justru menguras kantong karena terlalu sering baterai habis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berbincang dengan Joni Tanto selaku Ahli Teknik dari PT Industri Karet Deli, saat peluncuran ban Swallow Voltrax, 1 Agustus 2023, menegaskan bahwa motor listrik harus memakai ban yang khusus. Sebab motor listrik punya performa yang berbeda dengan motor bermesin bakar.

“Motor listrik itu berat, belum lagi torsi besar yang langsung ke ban atau instan. Sehingga perlu kompon material yang punya daya tahan. Gripnya harus lebih bagus sehingga traksinya tidak slip dengan jalanan,” ujar Joni Tanto.

Dirinya juga menerangkan lebih jauh bahwa penggunaan motor listrik ini juga ada mode hemat, sehingga perlu ban dengan rolling resistance atau hambatan gulirnya lebih kecil. “Berdampak pada penggunaan baterai bisa lebih hemat,” yakin Joni Tanto.

“Ban motor listrik itu paling penting adalah kontak area, meskipun untuk paternnya tidak terlalu rapat. Agar performa motor listrik tetap terjaga, pentingnya memerhatikan tekanan angin. Kekurangan angin membuat laju motor lebih berat sehingga berpengaruh terhadap rolling time,” jelas Joni Tanto.

Swallow Voltrax yang diperkenalkan sebagai ban motor listrik menerapkan pattern yang sesuai dan punya hambatan gulir terbaik. Material polyester juga menjadi andalan di ban terbaru keluaran PT Industri Karet Deli. Karena motor listrik bobotnya berat, sehingga perlu material dengan daya tahan yang kuat menahan bobot serta akselerasi.

Pilihan Editor: Pirelli Siapkan Ban Motor untuk WorldSBK di Catalunya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi