Mobil Balap Terbaru Formula 2 Tampil di Pembukaan F1 Italia 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 1 September 2023 14:21 WIB
Mobil balap terbaru Dallara Formula 2 2024. (Foto: Formula 2)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMobil balap terbaru untuk FIA Formula 2 Championship sudah diluncurkan pada Kamis, 31 Agustus 2023, di Sirkuit Monza. Berbarengan dengan gelaran F1 Italia 2023, mobil balap baru ini mengganti sasis Dallara yang sudah digunakan sejak 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedianya sasis baru Formula 2 ini akan memulai debut pada musim 2024 dan mulai balapan pada 2025 dan 2026. Dikabarkan pengembangannya serupa dengan mobil Formula 1 yang lebih menekankan aerodinamika.

Diharapkan para pembalap F2 ketika naik panggung ke F1 sudah bisa langsung beradaptasi dalam hal teknis hingga pemahaman aerodinamika.

Mobil balap terbaru Dallara Formula 2 2024 gunakan aerodinamika seperti mobil Formula 1. (Foto: Formula 2)

Ketangguhan yang dimiliki sasis Dallara diyakini masih tetap dipertahankan, namun ada yang dikembangkan sesuai dengan permintaan FIA. Sebab antara mobil F1 saling berdekatan akan ada yang kehilangan downforce ketika saling mengikuti.

Pengembangan mobil baru Formula 2 ini juga mengambil pengalaman tragedi meninggalnya pembalap Anthoine Hubert di Circuit de Spa-Francorchamps empat tahun lalu. Diyakini perbedaannya sangat jauh di mobil baru Formula 2 yakni posisi mesin akan sangat menguntungkan keselamatan pembalap.

Mobil balap terbaru Dallara Formula 2 2024 memastikan akses pembalap lebih mudah dan lengkap standar keselamatan FIA setara F1 2024. (Foto: Formula 2)

Diklaim bahwa keselamatannya akan seperti standar balapan F1 2024 yang lebih tinggi. Sayangnya bobot kendaraan masih belum diungkapkan, melihat sudah banyaknya perangkat pendukung keselamatan pembalap di mobil baru Formula 2 ini.

Sudah dipastikan tentunya antara FIA, Formula 2 dan Dallara mengembangkan mobil balap yang lebih kompetitif berbanding sasis tahun 2018. Performa mesin pastinya lebih kuat, aerodinamika juga lebih baik, dan laju mobil tentunya lebih kencang.

Pilihan Editor: GP Cina Kembali Masuk dalam Kalendar Formula 1 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi