Max Verstappen Menang F1 Qatar 2023, Duo McLaren Naik Podium
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 9 Oktober 2023 09:00 WIB
Start F1 Qatar 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen menambah lagi koleksi kemenangan musim F1 2023, di balapan F1 Qatar 2023 berhasil naik podium tertinggi dikawal dua pembalap McLaren, Oscar Piastri dan Lando Norris. Mobil yang kencang namun kewajiban lakukan pit stop tiga kali akibat tindakan keselamatan dari FIA dan Pirelli membuat Verstappen tak bisa memaksimalkan mobilnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kami menjalani balapan yang sangat bagus hari ini. Saya pikir apa yang benar-benar berhasil bagi saya adalah melesat di awal, di mana kami kuat dan bagus dalam penggunaan ban. 

"Saya sempat lakukan penggantian ban cukup lambat pada akhirnya, jadi McLaren cukup dekat dengan garis finis, namun mereka cepat sepanjang akhir pekan. Tentu saja, dengan tiga pit-stop wajib, kami tidak bisa mengeluarkan yang terbaik dari mobil kami karena kami bagus dalam hal penggunaan ban, tapi kami menang dan itu yang terpenting," kata Max Verstappen

Max Verstappen raih kemenangan di F1 Qatar 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Rasa lapar saya untuk menang belum berhenti sejak memenangi kejuaraan, saya ingin terus melaju dan memaksimalkan performa mobil setiap akhir pekan.”

Sementara kegembiraan tim Mclaren naik podium diuntungkan akibat tindakan agresif Lewis Hamilton selepas start yang menyenggol rekan setimnya George Russell, sehingga tim Mercedes pupus raih podium, padahal keduanya start dari posisi 2-3.

“Sangat senang, tikungan pertama sangat bagus. Itu adalah rencana awal sebelum balapan. Kita sangat terkesima dengan performa mobil,” ujar Oscar Piastri yang start dari posisi 6 finis podium 2. 

Pembalap bernomor #81 ini juga mengatakan, “Merupakan balapan yang paling berat sepanjang hidup saya. Kondisinya sangat panas dan terus begitu sepanjang balapan. Seperti putaran kualifikasi 57 kali, hal ini saya lakukan. Merupakan balapan yang seru.”

Sedangkan Lando Norris yang start dari posisi 10 berhasil finis posisi 3 mengapresiasi kinerja tim menyiapkan mobil kencang serta strategi yang tepat di kondisi sirkuit Losail yang sangat panas.

Podium F1 Qatar 2023, dimenangkan Max Verstappen, posisi dua Oscar Piastri, dan posisi tiga Lando Norris. (Foto: Red Bull Racing)

“Balapan yang luar biasa semenjak awal hingga finis. Kita dapati lap awal yang bagus. Saya belajar dari kesalahan di balapan kemarin yang terlalu melebar, bertahan lebih rapat, dan saya lakukan kemudian berhasil,” buka Lando Norris.

“Balapan yang bagus, apalagi mobil sangat kencang di berbagai tikungan. Kemungkinan laju mobil yang terbaik kali ini, ini menyenangkan. Cukup stres, panas, dan berkeringat, sedikit lelah serta kerja keras luar biasa dari tim. Tiga kali podium diraih. pit-stop 1,8 detik juga sangat bagus!” jelas Lando Norris.

Adapun Lando Norris berurutan tiga seri musim ini selalu naik podium, raih posisi 3 di F1 Qatar, posisi dua di F1 Jepang, dan posisi dua juga di F1 Singapura.

“Sepertinya tiga kali lakukan pit-stop membuat semuanya lebih berat secara fisik. Anda bisa berusaha lebih keras lagi. Bahkan di pit-stop terakhir bisa berusaha lebih kencang lagi. Kali ini adalah balapan paling berat, tapi ini adalah tantangan yang menyenangkan dan selamat untuk Oscar Piastri. Terima kasih kepada tim atas kerja kerasnya untuk bisa dapatkan posisi ini,” ungkap Lando Norris.

Pilihan Editor: Salah Pilih Ban, George Russell Kehilangan Podium Sprint Race F1 Qatar 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi