Max Verstappen Raih Pole Position F1 Qatar, Potensi Juara Dunia F1 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 7 Oktober 2023 08:00 WIB
Max Verstappen raih Pole Position di F1 Qatar 2023, bila di Sprint Race raih minimal 3 poin langsung kunci Juara Dunia F1 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen berhasil mengunci pole position di F1 Qatar 2023 setelah bukukan waktu tercepat pada sesi kualifikasi 1:23,778 detik. Sedangkan dua pembalap Mercedes-AMG yakni George Russell dan Lewis Hamilton menjadi pembalap tercepat kedua dan ketiga terpaut nyaris setengah detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pole position ke-10 bagi Max Verstappen di musim F1 2023 kali ini akan berpotensi memuluskan titel Juara Dunia F1, diraih di Sprint Race. Bahkan pembalap berbendera Belanda ini hanya perlu amankan 3 poin dari rekan setimnya, Sergio Perez untuk menjadi Juara Dunia F1 ketiga kalinya.

Max Vertappen di F1 Qatar 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Sepertinya kita berada di waktu yang tepat dari lap ke lap, terutama di Q3 catatan waktunya sudah bagus hampir mendekati limit lintasan. Secara keseluruhan senang dengan performa dan sesi kali ini,” ujar Max Verstappen.

Posisi kedua ada George Russell yang cukup senang bisa tembus ke posisi 2, menggeser Oscar Piastri yang ternyata menyentuh track limit dan catatan waktunya harus dibatalkan, harus memakai waktu terakhirnya. Padahal pembalap McLaren tersebut sudah berada di Parc Ferme.

“Senang dengan raiha posisi 2 kali ini. di FP1 sangat menantang. cengkeraman sangat rendah dan sangat berangin. Selain itu lintasan sangat berdebu dan berpasir. Kita berhasil tembus di kualifikasi, temperatur lintasan turun dan angin anginnya mereda,” ujar George Russell.

Adapun George Russell mengakui bahwa mobil mengalami peningkatan yang signifikan di sirkuit Losail ini. “Catatan waktunya sangat meningkat cepat. Mobil bisa kencang sepanjang sesi, senang di mana kita bisa menyelesaikan sesi ini. Senang Lewis berada di belakang saya, posisi 3. Kita bisa mengatur strategi dan bekerja sama,” kata dia.

George Russell, Max Vertappen, dan Lewis Hamilton di F1 Qatar 2023. (Foto: Red Bull Racing)

Dijelaskan oleh George Russell bahwa harus menyiapkan segalanya agar tampil bagus di balapan hari Minggu. “Khususnya dengan McLaren dan Ferrari yang akan mengejar. Kita tahu kita akan bersaing ketat apalagi mereka pasti akan cepat,” yakinnya.

Sementara itu Lewis Hamilton mengakui bahwa sesi kualifikasi selalu menyulitkan, namun kali ini tak begitu terkendala. “Awalnya sangat berangin dan menyulitkan. Kita nyaris tak tembus Q1, beruntung kita bisa menanganinya. Akhirnya kita bisa di Q2 yang sangat menantang,” ujar dia.

Pembalap berbendera Inggris ini mengungkapkan terkejut dengan performa W14. “Kita sedikit terkejut dengan laju mobil di sini. Kejutan yang bagus dan positif untuk tim. Berada di depan baris kedua adalah hasil bagus. Sangat penting kita berada di depan Ferrari dan itu kuncinya. George juga bisa tampil bagus, saya akan mengerahkan segalanya untuk mencoba dan kantongi banyak poin pada balapan hari Minggu,” yakin Lewis Hamilton. 

Pilihan Editor: Rekor kemenangan Red Bull Racing Terhenti di F1 Singapura 2023, Ini Alasan Christian Horner

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi