Salah Pilih Ban, George Russell Kehilangan Podium Sprint Race F1 Qatar 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 9 Oktober 2023 06:10 WIB
George Russell di Sprint Race F1 Qatar 2023. (Foto: Mercedes-AMG)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKesalahan pemilihan ban yang sangat krusial di sirkuit Losail, Qatar, membuat pembalap Mercedes-AMG Petronas Formula 1, George Russell, harus kehilangan podium Sprint Race F1 Qatar 2023. Padahal dirinya sudah berusaha menahan gempuran dari Max Verstappen dan terakhir harus menyerah dari pembalap McLaren, Lando Norris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Strategi ban kompon medium di sirkuit Losail menjadi jawaban dengan kondisi lintasan berpasir serta bentuk kerb yang meruncing bagi piramida bersudut 50 derajat, menjadi perhatian FIA dan juga pemasok ban tunggal Pirelli. Apabila menggunakan kompon lunak, akan membuat degradasi ban lekas habis serta dinding ban akan menjadi kendur sehingga perlu perhatian khusus demi keselamatan.

“Saya sangat menikmati balapannya! Pada lap pertama sedikit liar. Saya harus berpikir jernih untuk kesempatan menyalip di antara pembalap pengguna ban Medium. Saya tahun punya keuntungan di awal, sehingga mudah untuk mengejar Oscar Piastri,” ujar George Russell.

Namun George Russell terkejut dengan bagaimana performa ban kompon Soft. “Cukup terkejut begitu cepatnya ban Soft menurun dan kita masih beruntung masih ada berapa kali Safety Car muncul. Tanpa mereka, kita kemungkinan finis jauh dari harapan.”

George Russell mengungkapkan bahwa inilah yang terjadi apabila di Sprint Race akibat minimnya latihan dan keterbatasan pengetahuan terhadap ban. “Bisa dikatakan, bila kita menggunakan Medium kemungkinan kita masih finis posisi empat. tak ada yang dipertaruhkan, tak ada yang hilang,” ujar dia.

Sedangkan Lewis Hamilton mengungkapkan bahwa dirinya sangat pelan di awal ketika gunakan ban Medium. “Saya tahu bahwa degradasi akan sangat berpengaruh dan balapan akan menguntungkan kami,” kata dia.

Lewis Hamilton juga mengatakan mencoba tak gegabah untuk terus memposisikan mobil dengan baik hingga finis. “Mobil masih sulit untuk dikendarai tapi laju motor sangat bagus. Saya tahu saya punya strategi balap, hanya perlu memaksimalkan hasil kualifikasi!” ujar dia.

Pilihan Editor: Oscar Piastri dan Lando Norris Finis 1-3 di Sprint Race F1 Qatar 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi