Jelang F1 Jepang 2023: 2 Pembalap Mercedes Coba Kompetitif
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 23 September 2023 08:37 WIB
Lewis Hamilton di F1 Jepang 2023. (Foto: Mercedes)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pembalap Mercedes-AMG Petronas Formula 1 masih mencari celah di sesi latihan bebas F1 Jepang 2023, Jumat, 22 September. Hasil akhir di FP2, George Russell terlihat lebih kompetitif dan berhasil berada di posisi dua dengan catatan waktu 1:31,328 detik, sedangkan Lewis Hamilton berada di posisi 14 bukukan waktu 1:31,829 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

George Russell dan Lewis Hamilton dikabarkan untuk sesi FP1 dan FP2 fokus pada transfer performa ke ban Pirelli prototype, sebelum terfokus pada ban yang biasa digunakan berkompon Soft.

Kondisi mobil tunggangan George Russell dan Lewis Hamilton saat FP1 gunakan ban kompon Medium alami kendala dengan keseimbangan mobil dan keseluruhan kekurangan cengkeraman.

“Senang rasanya bisa kembali berkendara di sekitar Suzuka. Ini adalah sirkuit yang luar biasa. Latihan hari Jumat yang agak aneh bagi kami. Lintasan sepertinya punya grip yang sangat rendah, terutama di FP1, sehingga mobil cukup banyak sliding,” ujar George Russell

George Russell yang gunakan nomor #63 di mobil balapnya menjelaskan, “Kondisi tersebut tentunya sangat mengecewakan sebagai pengemudi. Terutama ketika Anda memiliki banyak tikungan berkecepatan tinggi yang harus diatasi. Balapan pada hari Minggu juga akan menarik karena degradasi ban terlihat sangat tinggi.”

Andrew Shovlin, Trackside Engineering Director Mercedes-AMG Petronas Formula 1. (Foto: Mercedes)

Adapun George Russell melihat dari hasil catatan waktu terakhir, “Red Bull tampaknya sudah kembali ke kecepatan normalnya di depan. Mereka sangat cepat hari ini. Saya pikir kita mungkin setengah langkah di belakang Ferrari dan McLaren milik Lando Norris saat ini. Ada sedikit pekerjaan yang harus kami lakukan malam ini untuk menutup kesenjangan tersebut. Kami biasanya kuat dalam menemukan peningkatan kinerja tersebut sehingga kami bisa optimis untuk melakukan peningkatan di latihan Sabtu.”

Lewis Hamilton menemui kendala yang cukup rumit dan alami ketidak percayaan diri menggeber mobilnya di sirkuit Suzuka. “Sulit untuk menemukan keseimbangan mobil dan tak bisa tampil di papan atas di FP2. Ban alami overheating dan membuat kami ketinggalan jauh di catatan waktu,” kata dia.

Andrew Shovlin, Trackside Engineering Director langsung sigap mendapat keluhan dari Lewis Hamilton. “Kita akan lakukan penyempunaan malam ini,” ujar dia Jumat petang.

“Kita tak terlalu kuat di tikungan cepat, dengan beberapa bagian pertama menunjukkan itu adalah kelemahan kami. Itu adalah tugas kami yang harus dikebut. Bila kita bisa menemukan solusinya, tentunya yang lain juga berpengaruh. Kita tak bisa memandang enteng masalah ini, yang harus dilakukan adalah bisa tampil kuat sepanjang pekan,” tegas Andrew Shovlin.

Pilihan Editor: Menang F1 Singapura 2023, Carlos Sainz Jr Patahkan Dominasi Podium Red Bull Racing

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi