Mengetahui Kampas Rem Menipis, Ini Caranya!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 4 November 2023 06:30 WIB
Pengecekan Pelek, ban, dan kampas rem cakram. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMengetahui kampas rem habis atau sudah menipis, memang cukup merepotkan bagi pemilik kendaraan. Terkadang harus pergi ke bengkel untuk sekaligus melakukan pengecekan berkala. Namun sebenarnya sangatlah mudah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemilik kendaraan cukup membelokkan kemudi untuk membuat ban mengarah ke bagian luar rumah roda. Kemudian tinggal melihat ke arah kampas rem di bagian sisi dalam pelek, apakah masih tebal atau menipis.

Timmy selaku Pemimpin Perusahaan PT Sumber Berkat Pratama yang memegang brand rem Bendix mengatakan, 2 November 2023, mengatakan, “Ketebalan kampas rem di General CT bisa dicek dari sisa ketinggian gotnya. Ada juga dilihat dari tulisan Bendix di dasar kampas rem apakah sudah menyentuh piringan rem cakram.”

“Bila sudah menyentuh tulisan bagian atas Bendix, bisa langsung diganti untuk meningkatkan keselamatan pengendara dan penumpang,” tambahnya.

Adanya jalur pemisah di kampas rem tersebut gunanya untuk membuang debu sisa gesekan dengan piringan cakram. Sehingga membuat kampas rem minim untuk dilakukan pembersihan. Piringan cakram juga habisnya bisa merata dan tidak bergelombang.

Kampas rem Bendix, gunakan material berbeda, Hybrid Fusion, andalkan material titanium. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Timmy juga menegaskan bahwa jangan terkecoh harga kampas rem yang murah yang kemungkinan adalah kampas rem palsu. Ambil risiko menebus harga kampas rem murah tapi berdampak pada keselamatan jiwa penumpangnya.

“Bila menggunakan kampas rem Bendix, tak perlu harus menempuh jarak 40-50 km atau melakukan brake check agar rem bekerja maksimal. Sedari pasang kampas rem, Bendix sudah langsung pakem dan tidak ada bunyi decitan,” ujar Timmy.

Andai selama pemakaian ditemukan bunyi dan mengakibatkan piringan cakram terkikis, PT Sumber Berkat Pratama akan turun langsung memberikan garansi penggantian set pengereman.

Kampas rem Bendix memiliki beberapa varian, dengan produk unggulan General CT yang memiliki ketahanan panas mencapai 380 derajat celcius yang dilengkapi dengan teknologi Hybrid Fusion pergabungan antara STEALTH Advanced Technology, Ceramic Technology, Blue Titanium Stripe dan Fibre Impregnated Rubber Steel Shims. 

Kampas rem Bendix satu-satunya yang menggunakan teknologi Blue Titanium Stripe, menjadikan rem tidak perlu masa break-in atau inreyen, sehingga membuat rem lebih cepat pakem dari pertama kali dipasang pada injakan ke-2.

Pilihan Editor: Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Aman Saat Berkendara

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi