Motor Listrik Electrum H5, Pertama di Indonesia Bisa Tempuh 120 KM!
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 10 November 2023 07:46 WIB
Motor listrik Electrum H5. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Electrum, perusahaan teknologi Indonesia memperkenalkan motor listrik pertamanya bernama Electrum H5. Selain itu terdapat juga teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada tahap awal, Electrum H5 akan digunakan oleh layanan GoRide Electric dari Gojek sebagai perluasan pilot project motor listrik dari Grup GoTo untuk mendukung net-zero emission pemerintah Indonesia di 2060.

Electrum H5 menjadi motor listrik pertama buatan Indonesia. (Foto: Electrum)

Perusahaan joint venture antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk ini terus memperluas lokasi BSS Electrum menjadi lebih dari 40 lokasi di Jakarta yang tersebar di berbagai lokasi strategis, termasuk gerai minimarket, bengkel, kantor cabang bank, dan SPBU.

Pada kesempatan yang sama, Electrum juga mengumumkan kerjasama dengan Pertamina untuk penempatan lokasi BSS Electrum, yang rencananya akan hadir di berbagai lokasi SPBU Pertamina.

CEO Electrum Jack Yang mengatakan electrum adalah perusahaan yang fokus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, dan hari ini kami mencapai milestone produk pertama dengan meluncurkan H5.

Electrum H5 memakai baterai swap. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)

"Motor listrik yang didesain khusus untuk jalanan Indonesia. Kami percaya peluncuran motor dan perluasan BSS memperkuat komitmen kami membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif," ucap dia, Kamis, 9 November 2023.

Secara spesifikasi, Electrum H5 dapat dibekali dua baterai Li-ion. Satu baterainya berdaya 72V / 25 Ah yang didesain Electrum namun diproduksi di Cina.

Dengan dua baterai, Electrum H5 dapat menjangkau jarak maksimal sejauh 120 km.

Sementara tenaganya diklaim rata-rata sebesar 4 kW pada 3.000 rpm dan torsi 30 Nm di 1.600 rpm. Motor ini diklaim memiliki top speed 90 km per jam dan kemampuan akselerasi dari kecepatan 0-60 km per jam dalam 6 detik.

Baterai swap Electrum H5 terdapat dua slot dan masih terdapat bagasi. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)

Electrum H5 memiliki bagasi 25 liter, dua port USB charger 10 Watt, kunci model keyless, dan koneksi aplikasi ELMA yang memuat segala informasi seputar kendaraan hingga lokasi BSS terdekat.

Sayangnya, pihak Electrum belum mau membocorkan berapa harga motor listrik tersebut.

Pilihan Editor: Husqvarna EE 2, Motor Listrik Entry Level untuk Pemula

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi