Motor Lecet Gegara Parkiran di Konser Coldplay, Begini Cara Hilangkannya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 16 November 2023 10:43 WIB
Deretan motor terparkir pada parkiran liar di dekat pusat perbelanjaan, kawasan Kebon Kacang, Jakarta, Rabu, 7 Desember 2022. Parkiran liar di luar sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta sering menimbulkan kemacetan dan suasana kumuh. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Grup musik asal Inggris Coldplay telah menggelar konser di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu, 15 November 2023 kemarin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Konser tersebut dibanjiri ribuan orang yang penasaran dengan aksi grup musik tersebut. Para penonton yang hadir tentu juga didominasi dengan membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Dikutip akun Instagram resmi promotor konser Coldplay Jakarta, setidaknya ada lima titik di luar kompleks GBK yang dijadikan kantong parkir mobil dan motor.

- Hotel Mulia- Hotel Fairmont- TVRI- FX (Sudirman)- Senayan Park

Meski begitu parkiran tersebut sangatlah penuh, tak heran jika motor yang berada dilokasi bergesekkan dan menyebabkan lecet. Jika hal itu terjadi tentu sangat mengganggu penampilan dari motor.

Namun jangan panik, terdapat sejumlah cara mudah ini agar body motor kembali mulus. Dikutip dari laman Astra Motor, berikut sejumlah tips menghilangkan lecet pada bagian bodi motor.

1. Membersihkan Bodi Motor dari Kotoran

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan lecet pada body motor adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Pembersihan bisa menggunakan air dan sabun khusus kendaraan dalam mencuci motor.

Setelah bersih dari kotoran, jangan lupa body motor juga dikeringkan menggunakan kain lap berbahan halus. Memang lecet masih akan terlihat dengan jelas, namun motor akan terlihat lebih baik.

2. Gunakan Scratch Remover

Scratch remover merupakan suatu cairan yang bisa menyamarkan lecet atau baret pada body motor. Bentuknya yang seperti lem ini sangat praktis saat digunakan.

Caranya, hanya perlu mengoleskan sedikit cairan secara langsung pada bagian yang lecet. Tapi perlu diingat, lecetnya harus yang dangkal. Agar lecet tampak memudar bisa menggunakan kain microfiber dan lap secara perlahan sampai hilang.

3. Melakukan Pengamplasan

Amplas juga bisa menghilangkan lecet yang terjadi pada body motor. Namun yang perlu diperhatikan, gunakanlah amplas dengan tekstur yang lembut, setelah itu amplas bodi motor yang mengalami lecet ringan.

Lakukan pengamplasan secara perlahan hingga lecet lebih merata dari sebelumnya. Tapi  dalam melakukannya haruslah hati-hati, karena bisa saja amplas menyebabkan lecet di bagian bodi motor yang lain.

Perlu diingat juga saat pengamplasan harus dilakukan pada bodi motor yang keadaannya sudah basah tersiram air, selain itu amplas juga harus direndam ke dalam air terlebih dahulu.

4. Gunakan Kompon

Apabila body motor masih terlihat lecet dan sulit dihilangkan, bisa menggunakan kompon pada bagian lecet yang sebelumnya sudah diamplas. Kompon sendiri memiliki tekstur seperti cairan atau krim.

Untuk mengolesnya, bisa juga menggunakan dengan kain yang halus. Setelah itu gosok kain dengan perlahan sampai lecet tidak terlihat lagi dan bodi motor terlihat lebih kinclong.

5. Pakai Pasta Gigi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lecet di bodi motor adalah dengan pasta gigi. Sebelum menggunakannya, sebaiknya bersihkan dulu bodi yang lecet dengan air. Baru setelah itu oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian yang lecet dan gosok perlahan dengan sikat yang halus.

Setelah disikat, bilas dengan air dan ulangi cara tersebut selama beberapa kali. Hal ini dilakukan agar lecet pada bodi motor cepat memudar.

Pilihan Editor: 4 Tips Atasi Kunci Motor Yang Macet Tanpa ke Bengkel

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi