Alasan Wuling Binguo EV Bisa Tembus 2.000 Unit Pemesanan dalam 2 Minggu
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 11 Desember 2023 15:19 WIB
Wuling Binguo EV mobil listrik kedua yang ditawarkan Wuling Motors. (Foto: Wuling)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kehadiran Wuling Binguo EV sebagai mobil listrik murni kedua dari Wuling Motors ternyata mendapat respons yang positif dari masyarakat di Indonesia. Selama dua pekan usai diluncurkan, diklaim pesanannya sudah tembus lebih dari 2.000 unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bila melihat saudara pertamanya, Wuling Air ev, harganya mulai dari Rp206 juta dan termahal di angka Rp299,5 juta bahkan dikabarkan sudah tembus penjualannya lebih dari 12.000 unit dan menguasai 55% pasar mobil listrik di Indonesia.

Kami memprediksi Wuling berencana memasarkan Binguo EV di sekitar harga 400 jutaan. Kemungkinan harga tersebut dirasa masuk akal dengan pilihan baterai yang tersedia, fitur lengkap, pengalaman berkendara yang premium, hingga tampilan yang timeless. Penting untuk diingat bahwa Wuling sebelumnya telah sukses mengukir namanya di pasar mobil listrik melalui Air ev yang menjadi mobil listrik paling laris di Indonesia.

Tentunya berbagai keuntungan bisa didapatkan oleh konsumen saat ini pada masa prebook, karena hanya cukup setorkan Rp5 juta saja. Selain itu, jangkauan tempuh baterai listriknya ada dua pilihan yakni 31,9 kWh untuk 333 km dan 37,9 kWh untuk 410 km.

Seperti diketahui daya tarik di prebook ini adalah khusus untuk yang memesan mobil listrik Wuling Binguo EV berjarak tempuh 410 km. Bonus yang diterima juga cukup banyak dan menjadi pertimbangan memilih kompetitor atau mobil yang justru lebih mahal. 

Paket tersebut terdiri dari Lifetime Core EV Components Warranty untuk power battery, drive motor, dan motor control unit, gratis perawatan berkala hingga lima tahun, voucher listrik senilai Rp4.000.000, gratis AC Charging Pile, hingga gratis aksesori (storage box, kaca film dan karpet). 

Dian Asmahani selaku Marketing and Sales Director Wuling Motors ketika berbincang dengan Tempo mengatakan bahwa sebelumnya memiliki mobil listrik dipandang sebagai kendaraan kedua atau ketiga dan akan kerepotan saat pengisian ulang baterai. “Nyatanya kini banyak yang menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan harian, karena bebas melewati jalur ganjil genap. Minim perawatan, dan banyak untungnya bagi mereka ternyata dalam hal pengeluaran bahan bakar berbanding listrik bisa sepertiganya. Selain itu kebiasaan pemilik mobil listrik akan langsung mengisi ulang baterai ketika sampai di rumah.”

Dirinya juga menegaskan bahwa kekhawatiran akan baterai mobil Wuling tidak pernah terjadi baik di negeri asalnya di Tiongkok. “Kami belum pernah menemukan satupun insiden kebakaran baterai dengan sendirinya,” kata Dian Asmahani.

Sebagai informasi bahwa baterai Wuling Binguo EV menggunakan Lithium Ferro-Phosphate, sudah memenuhi standar keselamatan dan bersertifikasi IP67.

Dimensi Wuling Binguo EV dikemas dengan panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, dan tinggi 1.580 mm, Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya 2.560 mm. Sedikit lebih besar ketimbang Honda Brio yang juga bermain di kelas hatchback ICE, dan memungkinkan Binguo EV ini menjadi ‘shifting’ bagi yang menginginkan hatchback EV. Apalagi pengeluaran uang bulannya bisa lebih jauh dihemat terutama sekadar untuk dipakai di perkotaan atau wisata ke Jakarta-Bandung.

Perlindungan keselamatan pengendara dan penumpang juga diperhatikan oleh Wuling selama di Binguo EV. Sudah terdapat 2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, hingga ISOFIX. Ditambah lagi Traction Control, Rear Wheel Antilock, Emergency Stop Signal, hingga terdapat Sound Module for Pedestrian Warning karena mobil listrik tidak mengeluarkan bunyi suara dari knalpot. 

Smart Start System menjadi salah satu kemudahan mengendarai Binguo EV, empat opsi mode berkendara (ECO, ECO+, Sport, dan Normal). Memudahkan pengendara ketika melakukan manuver di lahan sempit, sudah ada Rear Parking Sensor & Camera, Creeping Function. Bila melaju di jalur bebas hambatan sudah ada Cruise Control, sehingga bisa lebih efisien dalam penggunaan baterai. 

Di eksterior, Binguo EV tampil dengan desain yang ikonik, menggabungkan estetika retro klasik dan sentuhan modern yang memukau. Secara keseluruhan, Wuling Binguo EV mengadopsi gaya desain yang timeless dan dipadukan dengan elemen-elemen modern yang menambah unsur futuristik di kendaraan listrik ini seperti lampu LED berbentuk ‘X’ dan velg yang unik. Binguo EV mengaplikasikan dual-tone body color yang memadukan warna Starry Black pada bagian atas dengan tiga pilihan warna, yakni Milk Tea, Mousse Green, and Galaxy Blue.

Beralih ke sisi interior, Binguo EV menawarkan kabin yang luas dengan jok perforated synthetic leather yang menyajikan kenyamanan ekstra bagi penumpang dan pengemudi. Selain itu, Binguo EV juga dilengkapi dengan 15 kompartemen dan bagasi dengan luas yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Pilihan Editor: 2.000 Unit Mobil listrik Wuling Binguo EV Sudah Terpesan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi