IIMS 2009 Targetkan Penjualan Rp 1,7 Triliun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 23 Juni 2009 21:06 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak
TEMPO Interaktif, Jakarta :Pameran Mobil Internasional Indonesia atau “The 17th Indonesia International Motor Show”(IIMS) yang bakal digelar 24 Juli hingga 2 Agustus 2009, di arena Jakarta International Expo Kemayoran, menargetkan terjadi penjualan hingga Rp 1,7 trilun dan jumlah pengunjung hingga 250 ribu orang.

IIMS 2009“Dan sudah dipastikan, pameran kali ini akan diikuti oleh 21 merek,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara IIMS 2009, Johny Darmawan saat konperensi pers, di Jakarta, Selasa (23/06).

Diantara merek tersebut adalah, VW, Audi, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Jaguar, Hyundai, Isuzu, Proton, Toyota, Foton, Hino, BMW, Honda, Bentley, Mercedes Benz, Suzuki, KIA, serta Chery.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo menambahkan, kendati saat ini perekonomian dunia tengah menghadapi krisis, namun ia mengaku optimitis target tersebut bisa tercapai.

“Sebab, pameran saat ini juga diikuti oleh kendaraan bermotor roda dua. Selain itu, Indonesia pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi 4,5 persen jauh lebih baik dibanding Thailand, bahkan kondisi politik negara itu juga tengah carut marut. Tetapi pasar otomotifnya nomor satu di Asia. Saya kira Indonesia juah lebih bagus,” tandas Bambang.

Bambang juga menyebutkan, pada IIMS kali ini, panitia juga memberikan toleransi kepada para peserta untuk melakukan transaksi. “Meski demikian, tujuan atau misi utama yaitu untuk menghadirkan teknologi dan produk kendaraan motor baru juga tidak ditinggalkan,” terang Bambang.

Yang terang, pameran yang bertema 'Drive for Better Life' itu, selain akan diikuti mobil-mobil tersebut juga dipamerikan mobil klasik dan eksotik, antara lain Ferrari, Maseratti, Lamborghini, Aston Martin, Hummer dan Jeep. Dan tidak ketinggalan mobil klasik, khususnya mobil-mobil Presiden Republik Indonesia pertama. Sedangkan sepeda motor, yang akan mengikuti pameran, diantaranya Honda, Yamaha, Suzuki.

Pameran kali ini, menempati area seluas 36.077 meter persegi. Harga tiket yaitu Rp 20 ribu pada hari biasa dan Rp 30 ribu pada hari libur. “Dengan demikian, dilihat dari daya tampung pengunjung, pada pameran kali jauh lebih banyak,” tutur Danny Budiharto, Direktur Dyandra, Panitia Pelaksana Pameran.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, panitia juga menyediakan lahan parkir di empat lokasi dengan daya tampung lebih dari 11.000 mobil. “Itu belum termasuk parkir untuk sepeda motor,” tambah Danny.

Panitia juga akan menyediakan shuttle bus cuma-cuma di Pondok Indah Mall, Plaza Senayan dan FX Lifestyl X’center Jalan MH Thamrin.

ARIF ARIANTO

 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi