Honda CR-V Hidrogen Rilis di AS, Bisa Tempuh Jarak 435 Km
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 28 Februari 2024 20:00 WIB
Honda CR-V e:FCEV. (Foto: Honda Amerika)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda baru saja meluncurkan varian terbaru, Honda CR-V e:FCEV atau CR-V Hidrogen di Amerika Serikat. Berbeda dengan CR-V sebelumnya, pada varian terbaru ini dibekali sistem sel bahan bakar hidrogen yang dikawinkan dengan paket baterai yang cukup besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari laman Honda Amerika pada hari ini, Rabu, 28 Februari 2024, Honda CR-V e:FCEV ditenagai motor listrik tunggal yang terpasang di depan dengan output yang dihasilkan 174 hp dan torsi 311 Nm. Energinya bersumber dari modul sel bahan bakar dan tangki hidrogen 4,3 kilogram, serta baterai 17,7 kWh.

Honda CR-V e:FCEV ditampilkan susunan tabung hidrogen. (Foto: Honda)

Konfigurasi powertrain itu menawarkan jarak tempuh berkendara hingga 435 km. Baterai yang digunakan bisa meningkatkan jangkauan sekitar 47 km, dan menariknya, CR-V hidrogen ini bisa diisi daya baterainya, sehingga meminimalkan dampak buruk infrastruktur hidrogen.

Mobil ini memiliki pengisian daya dua arah, yang artinya pengguna bisa memakai daya baterainya untuk memberi daya pada segala jenis perangkat elektronik, peralatan berkemah, dan peralatan rumah tangga kecil melalui stopkontak 110 volt yang menghasilkan daya hingga 1.500 Watt.

Pengisian baterai listrik di Honda CR-V e:FCEV berada di bagian depan. (Foto: Honda)

Para insinyur Honda melakukan beberapa perbaikan pada sasis dan suspensi CR-V e:FCEV, menyesuaikannya dengan bobot yang lebih besar dibandingkan dengan versi bertenaga ICE dan hybrid.

Dari segi tampilan, Honda CR-V e:FCEV ini memiliki beberapa perbedaan dengan CR-V lainnya. Bumper depan didesain ulang dengan grille yang lebih ramping dan intake yang lebih besar, lampu belakang kaca bening, dan pintu belakang yang dilengkapi lambang e:FCEV.

Port pengisian daya dipasang di sepatbor depan, sedangkan port pengisian bahan bakar hidrogen terletak di sepatbor belakang. Honda menawarkan CR-V e:FCEV secara eksklusif dalam trim Touring berspesifikasi tinggi yang hadir sebagai standar dengan segala fasilitasnya. 

Pengisian hidrogen berada di bagian sisi kiri belakang Honda CR-V e:FCEV. (Foto: Honda)

Dari sektor interior, menampilkan panel instrumen digital 10,2 inci, layar infotainment 9 inci, konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, pengisian daya nirkabel, kursi depan berpemanas berlapis kulit berbasis bio, pengatur suhu zona ganda, power tailgate hands-free, sistem audio Bose 12 speaker, dan teknologi ADAS Honda Sensing.

Honda CR-V Hidrogen ini diproduksi di Performance Manufacturing Center milik Honda di Marysville, Ohio. Mobil ini tersedia untuk disewakan kepada pelanggan di California mulai akhir tahun ini. SUV baru ini juga dikabarkan akan dipasarkan juga di Jepang.

Pilihan Editor: BYD Dolphin di Cina Dapat Opsi Baterai Baru, Harga Lebih Murah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi