Hasil Kualifikasi F1 Bahrain 2024: Charles Leclerc Kurang Beruntung dari Max Verstappen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 2 Maret 2024 08:32 WIB
Max verstappen raih pole position di F1 Bahrain 2024, 1 Maret 2024. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen pembalap Red Bull Racing mengukuhkan sebagai pembalap start terdepan di F1 Bahrain 2024, usai mencatatkan waktu tercepat 1:29,179 detik pada sesi final kualifikasi Jumat malam, 1 Maret. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan posisi dua ditempati Charles Leclerc pembalap Scuderia Ferrari dengan selisih 0,228 detik. Adapun posisi tiga ditempati George Russell pembalap Mercedes-AMG Petronas Formula 1 dengan catatan waktu 1:29,485 detik.

Diakui oleh Max Verstappen bahwa dirinya sangat beruntung bisa berada di pole position untuk balapan Sabtu malam nanti. Karena saat Q2 Charles Leclerc sempat bukukan waktu 1:29,165 detik, sayangnya tak bisa dieksekusi dengan baik lagi oleh Leclerc di final kualifikasi.

"Senang rasanya bisa kembali ke posisi terdepan hari ini! Program pengetesannya benar-benar bagus hasilnya dan kemudian akhir pekan ini sedikit lebih rumit bagi kami; sulit untuk mendapatkan keseimbangan mobil yang tepat karena kondisi angin yang sulit cukup kuat,” ujar Max Verstappen.

Menjelang kualifikasi, tidak ada yang tahu di mana pembalap akan mendapatkan posisi, sehingga sangat menarik untuk balapan kali ini. Max Verstappen menuntut tim untuk melakukan beberapa perbaikan yang berdampak pada mobil dan juga meningkatkan performa dari FP3 hingga kualifikasi dan di Q3 akhirnya punya grip yang lebih baik.

“Pada akhirnya, saya senang dengan performa mobil dan senang bisa kembali berkompetisi hari ini,” puas Max Verstappen.

Pembalap berbendera Belanda yang kini mencatatkan 33 kali karir pole position ini menegaskan, “Kami memiliki mobil balap yang bagus dan mudah-mudahan kami dapat menunjukkan performa yang sama seperti yang kami lakukan hari ini." 

Sedangkan Charles Leclerc mengakui harus puas dengan hasil di final kualifikasi yang lebih lambat berbanding Q2. 

“Itu adalah kualifikasi yang bagus setelah akhir pekan yang cukup sulit. Kami mencoba beberapa hal di sesi latihan bebas dan saya menemukan titik terbaiknya di kualifikasi,” kata dia. 

Charles Leclerc mengabarkan bahwa tim Scuderia Ferrari menggunakan satu set ban bekas pada awalnya di Q3 yang sedikit mengganggu ritmenya. 

“Sebelum beralih ke set baru tetapi secara keseluruhan, rasanya kami berada di tempat yang lebih baik dibandingkan awal tahun lalu,” ungkap Charles Leclerc.

“Kami harus menunggu dan melihat posisi kami dalam hal kecepatan balapan dan Red Bull tampaknya masih selangkah lebih maju dari yang lain. Saya akan mengambil setiap kesempatan yang kita punya,” jelasnya.

Dari tim Mercedes yang terlihat cemerlang awali musim F1 2024 di Bahrain adalah George Russell, bisa berada di posisi tiga. Sedangkan rekan setimnya, Lewis Hamilton justru berada di posisi sembilan tercepat.

“Semua orang di markas besar telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk memberi Lewis dan saya mobil yang membuat kami lebih bahagia. Ini adalah landasan yang bisa kita bangun,” ujar George Russell.

Adapun George Russell memahami bahwa masih harus mengejar beberapa hal untuk menjadi yang terdepan, namun memulai P3 untuk balapan besok adalah hal yang baik. 

“Terlihat jelas betapa ketatnya persaingan antara sejumlah tim, termasuk kami, Ferrari, McLaren, dan Aston Martin. Sangat menarik mengetahui bahwa jika Anda menggabungkan seluruh putaran dan menemukan sepersepuluh atau dua, itu akan menambah beberapa posisi di grid,” jelas George Russell.

Hasil kualifikasi F1 Bahrain 2024. (Dok. F1)

Pilihan Editor: F1 Bahrain 2024: Sudah ada Titik Cerah Pembalap Mercedes Awali F1 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi