Simak Kota Tujuan dan Cara Daftar Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Maret 2024 14:24 WIB
Petugas menurunkan sepeda motor peserta mudik gratis dari kapal KM Dobonsolo di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu, 26 April 2023. Kapal KM. Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni untuk keberangkatan voyage 1 tanggal 25 April 2023 membawa sebanyak 713 unit motor dan 1.650 orang penumpang. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghadirkan layanan mudik gratis pada Lebaran tahun ini. Akan ada 19 kota atau kabupaten tujuan pada mudik gratis Pemprov DKI Jakarta ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Mudik gratis Idul Fitri 2024 ini akan dilaksanakan 4 April. Lokasi keberangkatan dari Monas, Jakarta Pusat. Balik 14 April dari 19 terminal tujuan ke Terminal Terpadu Pulogebang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, dikutip dari Antara hari ini, Selasa, 19 Maret 2024.

Berikut daftar kota/kabupaten tujuan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2024:

1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung2. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan5. Terminal Kota Tegal6. Terminal Pekalongan7. Terminal Mangkang, Kota Semarang8. Terminal Kab. Kebumen9. Terminal Cilacap10. Terminal Bulupitu Purwokerto11. Terminal Tirtonadi Solo12. Terminal Mendolo Wonosobo13. Terminal Giwangan Jogjakarta14. Terminal Pilangsari Sragen15. Terminal Giri Adipura Wonogiri16. Terminal Purboyo Madiun17. Terminal Tamanan Kediri18. Terminal Kepuhsari Jombang19. Terminal Arjosari Malang

Masyarakat yang berminat mengikuti mudik gratis ini dapat mendaftarkan diri secara daring di situs mudikgratis.jakarta.go.id. Pendaftaran dibuka mulai 20 Maret 2024 dan akan ditutup saat kuota telah terpenuhi.

Calon peserta wajib melengkapi administrasi yang diperlukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta, dan STNK (apabila membawa motor). Setiap pendaftar bisa menambahkan maksimal tiga anggota keluarga dalam satu KK.

Setelah berhasil mendaftar, peserta harus melakukan verifikasi dengan membawa kelengkapan administrasi ke lokasi verifikasi terdekat. Berikut daftar lokasi verifikasinya:

1. Kantor Dishub DKI Jakarta2. Sudinhub Jakarta Selatan3. Sudinhub Jakarta Utara4. Sudinhub Jakarta Pusat5. Sudinhub Jakarta Timur6. Sudinhub Jakarta Barat

Jadwal verifikasi dibagi berdasarkan beberapa pembagian kota. Pada 23-25 Maret 2024 jadwal verifikasi untuk tujuan Kota Solo, Tasikmalaya, Palembang, Madiun, Sragen, dan Cilacap.

Kemudian, 26-28 Maret untuk tujuan Yogyakarta, Kuningan, Lampung, Kebumen, Tegal, Jombang, dan Pekalongan. Lalu, untuk tujuan Wonogiri, Kediri, Malang, Wonosobo, Purwokerto, dan Semarang, verifikasi dilakukan pada 29-31 Maret 2024.

Pemprov DKI akan menyediakan 259 unit bus pengangkut penumpang untuk arus mudik dan 210 unit bus untuk arus balik. Selain itu, tersedia 13 unit truk pengangkut motor pemudik yang diberangkatkan saat arus mudik dan 10 truk saat arus balik.

Truk pengangkut motor diberangkatkan pada 3 April 2024 dari Terminal Pulogebang, sementara balik pada 13 April 2024 dari tujuh terminal tujuan ke Terminal Pulogadung.

Lokasi tujuan truk pengangkut motor adalah Terminal Mangkang Kota Semarang, Terminal Kabupaten Kebumen, Terminal Tirtonado Solo, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Giri Adipura Wonogiri, Terminal Kepuhsari Jombang, dan Terminal Arjosari Malang.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Rumor MotoGP: Fermin Aldeguer Akan Gantikan Jorge Martin di Pramac Racing

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi