Hasil Kualifikasi F1 Australia 2024: Max Verstappen Raih Pole Position
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 23 Maret 2024 21:00 WIB
Max Verstappen usai raih Pole Position di F1 Australia 2024. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPembalap Red Bull Racing yakni Max Verstappen berhasil memperpanjang koleksi pole position yang kali ini diraih di F1 Australia 2024, usai menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu, 23 Maret. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di sirkuit Albert Park tersebut, Max Verstappen mampu mencatatkan 1:15,915 detik. Dirinya mampu unggul tipis 0,270 detik dari Carlos Sainz Jr. 

"Sangat memuaskan akhirnya, meskipun di awal sangat sulit menemukan keseimbangan mobil sepanjang pekan ini. Tak mengira akan meraih pole position di balapan demi balapan" ujar Max Verstappen yang kini mencatatkan 35 kali raih pole position. 

Posisi dua ditempati Carlos Sainz Jr., yang ternyata dirinya tak menduga bisa secepat itu pulih dari operasi usus buntu. "6 hari lalu tak ada yang tahu kapan saya bisa pulih. Tapi ternyata progresnya sangat cepat setelah dua pekan. Jumat kemarin saya beranikan untuk masuk ke mobil, ternyata tak ada masalah. Saya bisa cepat dan berada di barisan depan," ujar pembalap asal Spanyol ini.

"Absen di Jeddah (operasi usu buntu), kini berada di posisi dua hanya dalam dua pekan, perjalanan luar biasa," ujar Carlos Sainz Jr., yang sempat pesimis usai operasi usus buntu di RS Jeddah.

"Tentunya sangat senang, karena datang ke sini masih belum yakin bisa melakukannya. Selama saat balapan tidak merasakan sakit lagi, saya akan  berusaha keras di balapan nanti," ujar Carlos Sainz Jr.

Sedangkan Sergio Perez sebagai pembalap tercepat ketiga di sesi kualifikasi harus pasrah posisinya tergeser 3 posisi ke baris start nomor 6.

Adapun tergesernya Sergio Perez akibat menghalangi laju Nico Hulkenberg. Hal tersebut membuat insiden dan memaksa Hulkenberg menghindar di tikungan ke 13. Setelah meninjau bukti, penyelenggara menemukan bahwa tim Red Bull tidak memberikan peringatan kepada Perez bahwa Hulkenberg tertinggal hingga satu detik sebelum Haas tiba, yang berarti sudah terlambat bagi Perez untuk menghindari hambatan.

Atas kejadian ini, tiga pembalap di bawah Sergio Perez berhak naik satu baris start. Beruntung untuk Lando Norris, Charles Leclerc, dan Oscar Piastri. 

Meski posisi Sergio Perez tergeser, tim Red Bull Racing sudah bertekad untuk mengincar podium untuk pembalap Meksiko ini.

"Checo akan start dari posisi 6, setelah menerima penalti mundur tiga posisi. Bersiap untuk saling menyalip," petik Red Bull dari social media X.

Pilihan Editor: Jelang F1 Australia 2024: Bos Mercedes Yakin George Russell dan Lewis Hamilton Kompetitif

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi