Pertumbuhan Industri Otomotif Turun 22 Persen, Gaikindo Ungkap Alasannya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 7 Mei 2024 06:33 WIB
Pameran GIIAS 2024. (Gaikindo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan bahwa pertumbuhan industri otomotif di kuartal pertama tahun ini turun sekitar 22 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Gaikindo pun mengungkapkan beberapa penyebab penurunan tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Industri otomotif kuartal pertama turun 22 persen, karena memang beberapa poin, seperti bahan baku yang naik, pengaruh agenda politik yang begitu besar. Saya melihat ada peraturan baru yang ketat sehingga penjualan terganggu," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam konferensi pers GIIAS 2024, Senin, 6 Mei 2024.

Selain itu, kondisi perekonomian dunia, seperti naiknya harga dolar, juga berdampak terhadap penurunan pertumbuhan industri otomotif Tanah Air. Nangoi berharap industri otomotif Indonesia bisa kembali bangkit dengan digelarnya pameran otomotif.

"GIIAS bisa menjadi solusi bangkitnya pertumbuhan industri otomotif Tanah Air di tahun ini. Sehingga target penjualan kendaraan 1 juta unit di tahun ini bisa tercapai," ucapnya.

Sebelumnya, Gaikindo memastikan bahwa Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan menjadi gelaran terbesar dan terlengkap. Sedianya akan digelar pada 18-28 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City.

Yohannes Nangoi memastikan bahwa GIIAS 2024 terdapat 11 area yang akan menjadi lokasi 50 peserta pameran. 

Di antaranya adalah Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Terdapat tiga merek Karoseri juga menyatakan keikutsertaannya pada GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Enam belas merek sepeda motor juga akan hadir di GIIAS 2024, mulai dari Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, dan Vespa. 

Ratusan merek peserta dari industri pendukung lainnya juga telah memastikan kesiapannya unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS tahun ini.

Pilihan Editor: Kalahkan Verstappen, Lando Norris Juara F1 Miami 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi