2 Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan pada Mei 2024, Simak Lokasinya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 10 Mei 2024 18:46 WIB
Petugas mengecek dokumen STNK milik warga yang akan membayar pajak kendaraan secara daring melalui sepeda motor Sijempol di Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh, 22 Oktober 2021. Kehadiran Sijempol diharapkan selain mempermudah masyarakat membayar pajak juga bisa meningkatkan capaian pendapatan pajak kendaraan yang secara otomatis mengurangi jumlah kendaraan yang menunggak pajak di Aceh. ANTARA FOTO/RAHMAD
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) masih berlangsung di sejumlah provinsi. Pemutihan pajak kendaraan adalah program pemerintah daerah yang memberikan diskon atau bahkan menghapus denda guna meringankan beban pajak masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemilik kendaraan bermotor yang mengikuti keringanan ini biasanya hanya perlu melunasi pokok PKB tanpa memikirkan denda akibat menunggak. Namun, setiap daerah menetapkan aturan dan syarat berbeda-beda.

Saat ini ada dua provinsi yang memberlakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jadwal dan syarat pemutihan pajak kendaraan pada Mei 2024 ini:

1. Aceh

Pemerintah Provinsi Aceh mengadakan pemutihan pajak kendaraan bermotor sejak 18 Desember 2023 hingga 31 Desember 2024. Program ini seiring dengan terbitnya Peraturan Gubernur Aceh Nomor 40 Tahun 2023 tentang Pembebasan Pajak Progresif dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor.

Masyarakat yang mengikuti program pemutihan pajak kendaraan bermotor di provinsi ini akan mendapat beberapa keringanan, yakni: 

- Pembebasan pajak progresif- Pembebasan denda pajak kendaraan bermotor.

2. Jawa Barat

Bapenda Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengadakan keringanan pembayaran pajak melalui program diskon pajak kendaraan bermotor sebesar 10 persen.

Dikutip dari laman Bapenda Jabar, program diskon 10 persen hanya berlaku bagi wajib pajak yang membayar PKB di Samsat Digital Terminal Leuwipanjang. Berlangsung mulai 1 April sampai 23 Desember 2024.

Pilihan Editor: Mario Aji Jelaskan Penyebab Cedera yang Dialaminya Jelang Moto2 Prancis

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi