New Camry Facelift Siap Gebrak Pasar Sedan Premium
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 13 Juli 2009 21:16 WIB
Toyota CamryFoto: Toyota.co.id

TEMPO Interaktif, Jakarta:Toyota kembali menggebrak pasar sedan premium tanah air. Rencananya, pabrikan asal Jepang ini, akan meluncurkan sedan New Camry facelift pada 15 JuliMemang mesin tak mengalami perubahan. Namun, perubahan eksterior dan interior sedan yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 1999 itu cukup menambah kesan mewah dan elegan.

New Camry"Perubahannya minor kok. Yang terang pada interiornya, sejumlah fitur untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pengemudi maupun penumpangnya bakal disempurnakan.Begitu juga pada eksterior, sehingga bertambah mewah, elegan," aku Achmad Rizal Manajer Komunikasi Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Agen Tunggal Pemegang Merek Toyota di Indonesia, saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Senin (13/07).

Generasi baru dari trah Camry itu, adalah penyempurnaan dari tiga tipe seperti yang ada saat ini, yaitu tipe G, V, dan Q dengan kapasitas mesin 2.400 cc dan 3.500 cc. "Perubahan yang kami tawarkan mulai dari depan hingga buritan, dari griil, bemper, hingga lampu rem, sehingga menambah kesan sporty," ujar Rizal tanpa menyebut secara rinci perubahan itu.

Rizal hanya menyebut, tampilan varian baru yang akan diluncurkan itu tak beda dengan New Camry yang kini sudah beredar di pasar Taiwan maupun Thailand. Bila dicermati di generasi terbaru dari trah Camry di kedua negara itu, maka akan perubahan mencolok yang ada di tubuh sedan mewah dari Toyota ini terlihat pada lampu depan, lampu kabut, radiator grill depan, lampu kombinasi belakang, lampu rem, serta desain velg yang berbeda dengan velg varian sebelumnya. Velg varian baru ini lebih sporty.

Sementara di sektor interior, perubahan nampak pada posisi meter kombinasi, koneksi sistem audio seperti colokan AUX untuk memutar i-Pod, MP3 Player dan sebagainya. Dan khusus untuk tipe 3.5Q terdapat tambahan roof illumination sehingga kesan mewah begitu kental. Tipe ini juga dilengkapi kursi pemijat yaitu pada jok belakang.

Yang pasti, kata Rizal, mesin dengan teknologi dual VVT-i yang menghasilkan tenaga hingga 277 daya kuda pada 6.200 rpm dan torsi maskimal 35,3 kgm pada 4.700 rpm tetap menjadi andalan sedan ini. Dia menyebutkan, Camry sejak awal diposisikan sebagai kendaraan para eksekutif senior selevel general manager.

Rizal juga tak bersedia menyebut harga yang dibanderol untuk New Camry facelift tersebut. Dia hanya memberi ancar-ancar, bahwa harga yang dipatok tak jauh beda dengan varian Camry sebelumnya. Seperti diketahui, harga All New Camry yang ditawarkan dealer di Jakarta untuk tipe G A/T 2.400 cc sebesar Rp 453.900.000. Sementara tipe V A/T 2.400 cc Rp 481.400.000, dan tipe Q A/T 3.500 cc sebesar Rp 630.500.000

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi