New Nissan Teana Usung Perubahan Total  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Juli 2009 20:04 WIB
www.autogaleria.hu

TEMPO Interaktif, Jakarta:Sebelum meluncurkan secara resmi varian baru sedan Teana di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 24 Juli mendatang, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Nissan di Indonesia, akan meluncurkannya untuk kalangan jurnalis di Sentul City, Kamis (16/07). Seperti yang tercantum dalam undangan yang diterima Tempo, acara peluncuran tersebut juga akan disertai test drive.

Nissan TeanaSedan bermesin 2.500 cc itu, ditargetkan bisa dilego 150 - 200 unit dalam penjualan sepanjang paroh dua 2009 ini.“Kami optimis mobil ini bisa merebut simpati pasar. Setidaknya, 150 sampai 200 unit lah. Apalagi mobil ini mengalami total change (perubahan total-red) dari tipe yang lama, hampir seratus persen berubah pada sisi luar dan dalam,” kata Deputi Direktur Penjualan dan Promosi Nasional PT NMI, Teddy Irawan saat dihubungi Tempo di Jakarta, Selasa (14/07).

Menurut Teddy, perubahan New Nissan dibanding varian sebelumnya bukan hanya pada kapasitas mesin dari 2.300 cc menjadi 2.500 cc saja, tetapi juga pada sistem transmisi yang berteknologi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission)seperti yang digunakan pada varian Sport Utility Vehicle (SUV) atau mobil sport Nissan yaitu Nissan X-Trail dan dilengkapi Adaptive Shift Control (ASC).

Dengan teknologi itu, selain tenaga yang dihasilkan akan maksimal, pemakaian bahan bakar juga lebih hemat. Sementara varian sedan Teana yang lama menggunakan teknologi torque converter konvensional.

Perubahan lain pada sedan yang dibanderol Rp 475 juta on the road ini,adalah pada sisi interiornya. Pada bagian center cluster khususnya pada bagian bawah misalnya, terdapat layar liquid Crystal Display (LCD ) yang pengoperasiannya cukup menggunakan tombol dengan menekannya ke bawah.

Masih di sektor interior, fitur sistem audio Bose 5.1 yang akan menghasilkan kualitas suara terbaik, menjadi pelengkap kenyamanan sedan yang mulai memadati jalanan di China sejak September 2008 lalu itu. "Jadi, perubahan ini bukan sekadar facelift, tapi benar-benar baru. Kami tampilkan dengan memadukan kenyamanan, keamanan, serta tidak meninggalkan unsur gaya," tandas Teddy.

Sementara soal keamanan, sedan ini dilengkapi fitur keselamatan berteknologi canggih seperti traksi kontrol serta Vehicle Dynamic Control (VDC). Dengan piranti tersebut, mobil dijamin tak akan melintir meski dipacu dengan kecepatan tinggi. Sementara enam buah kantung udara tersedia di depan dan samping pengemudi maupun penumpang.Itulah gambaran New Nissan Teana. "Seperti apa selengkapnya, kita tunggu Kamis (16/07) mendatang," ujar Teddy.

Sebelumnya, dalam paparan rencana bisnis jangka menengah PT NMI (mid term plan), pertengahan Juni lalu, Presiden Direktur PT NMI Takayuki Kimura menyebutkan, untuk jangka waktu lima tahun mendatang, pihaknya menargetkan menguasai pangsa pasar mobil di Indonesia hingga angka dua digit.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2008 menyebut, pangsa pasar Nissan pada 2008 lalu, mencapai 5,2 persen dari total penjualan mobil sepanjang tahun itu yang mencapai 607.805 unit. Nissan berhasil menjual 31.878 unit. Penjualan tersebut meningkat 30 persen dibanding penjualan selama 2007 yang mencapai 19.030 atau 4,4 persen dari total penjualan.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi