Siap Luncurkan Mazda2, Mazda Bangun Pabrik di Thailand
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 15 Juli 2009 20:19 WIB
robson.m3rlin.org
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pasar otomotif Indonesia ternyata memiliki daya pikat yang luar biasa. Setidaknya, itu terbukti dari keseriusan Mazda Motor Corporation, yang berniat meluncurkan varian barunya di negeri ini, yaitu varian hatchback Mazda2. 

Pabrikan asal Jepang itu telah mendirikan pabrik terbarunya di Thailand, Auto Alliance Thailand. Pendirian pabrik di negeri Gajah Putih tersebut, menurut Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia, seperti dalam siaran persnya, Rabu (15/7), merupakan satu bukti keseriusan Mazda dalam menghadirkan produk terbaik bagi kawasan Asia Pasifik.

Dengan adanya pabrik itu pula, kata Yoshiya, brand Mazda juga diharapkan akan lebih dekat dan melekat di benak masyarakat di kawasan tersebut. “Pendirian pusat produksi itu diharapkan membawa perubahan secara signifikan tidak hanya pada proses produksi tetapi juga pada keyakinan kami untuk menghadirkan kendaraan seperti Mazda2," papar dia.

Pusat produksi itu disebutkan sebagai hasil kerja sama Mazda Motor Corporation dengan Ford Motor Company. Pabrik berkapasitas produksi secara maksimal hingga 275 ribu unit itu diorientasikan untuk memproduksi Mazda2 dan Ford Fiesta. Mobil tersebut ditujukan untuk pasar Thailand dan di ekspor ke negara-negara di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Mazda2 merupakan varian small hatchback dengan mesin berkapasitas 1.500 cc DOHC 16-valve mampu menghasilkan tenga 103 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi 137 Nm pada 4.000 rpm. Mobil ini, diperkirakan diluncurkan di Indonesia pada kuartal keempat tahun ini. 

Menurut para pemerhati otomotif di tanah air, kehadiran Mazda2 bakal membuat seru persaingan kelas small hatchback yang saat ini dikuasai Honda Jazz. Malah, disebut-sebut, Mazda2 akan berhadapan secara head to head dengan Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Swift. 

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi