Mengulas Nissan Kicks e-Power, Mobil Hybrid Bersensasi EV
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 5 Juni 2024 07:00 WIB
Nissan Kicks e-Power. (Nissan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Nissan Kicks e-Power merupakan salah satu model Nissan di kategori kendaraan elektrifikasi. PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) telah mulai memasarkan Nissan Kicks e-Power sejak 2020 dan hingga saat ini mobil hybrid tersebut sudah mengalami beberapa penyegaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nissan Kicks e-Power mengedepankan gaya sporty dan dinamis, di mana pada bagian depan dihiasi desain grille V-Motion khas Nissan, lampu depan LED dengan Daytime Running Lights, serta lampu belakang LED.

Sementara untuk bagian interior, dibekali layar touchscreen berukuran 8 inci yang bisa terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto. Pengemudi juga dimanjakan lewat layar MID berukuran 7 inci yang menampilkan beragam informasi kendaraan seperti jarak tempuh, menu pengaturan, waktu tempuh perjalanan, konsumsi BBM dan lain-lain. Bahkan terdapat tambahan informasi pengisian daya baterai dan drive mode berupa layar digital melingkar.

Pada bagian setir kemudi juga sudah dilengkapi tombol audio dan pengaturan intelligent cruise control. Tuas transmisi juga terbilang unik lewat penggunaan New e-Gear Shift Knob yang nyaman dan futuristik.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia mengklaim jok pengemudi dan penumpang mengusung teknologi Zero Gravity ala NASA (badan Antariksa Amerika) dibalut dengan leather material. Teknologi Zero Grafity bekerja untuk meminimalisir tekanan gravitasi sehingga pengemudi dan penumpang merasakan sensasi melayang ketika mobil berjalan. Tujuannya adalah agar tidak cepat lelah dalam perjalanan jauh. 

"Nissan Kicks e-Power merupakan bukti upaya berkelanjutan kami untuk menyediakan kendaraan bagi pelanggan kami yang tidak hanya memberikan sensasi berkendara mengesankan tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan," ujar National Sales Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Caca Tobing. 

Selain itu, SUV 5-seater juga dilengkapi teknologi Nissan e-Power yang mengombinasikan mesin 3-silinder berukuran 1.2 liter sebagai generator, serta motor listrik yang terintegrasi dengan inverter berkapasitas baterai 2,06 kWh.

Nissan Kicks e-Power menggunakan motor listrik EM57 dengan jenis motor AC3 synchronous motor. Mobil hybrid ini menggunakan transmisi single speed gear reduction, dengan tenaga maksimum 136 PS/4.000-8.992 rpm dan torsi maksimum 260 Nm/500-3.008 Nm.

Mesin ICE (Internal Combustion Engine) berfungsi sebagai generator yang menghasilkan listrik yang akan disimpan di baterai lithium-ion, lalu sistem ini menyalurkannya ke motor listrik untuk memberi tenaga tanpa perlu mengisi daya dari luar.

Mengendarai mobil ini menghadirkan pengalaman berbeda, baik dari sisi kenyamanan, fungsionalitas, maupun performa. Menariknya lagi, Nissan Kicks e-Power juga dilengkapi tiga mode berkendara antara lain EV Mode, S Mode, dan Eco Mode. 

Saat menggunakan EV Model, mobil ditenagai sepenuhnya oleh baterai, sehingga pengemudi bisa merasakan sensasi berkendara dengan akselerasi fantastis dan kesenyapan kabin layaknya mobil EV. 

Kemudian, ketika beralih ke S Mode, maka mobil akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan lebih responsif saat berakselerasi layaknya sensasi sports car. Opsi S Mode cocok untuk kalian yang ingin berkendara agresif. 

Terakhir, mode berkendara ECO yang bekerja dengan mengoptimalkan efisiensi sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Mode ECO lebih cocok digunakan saat mobilitas sehari-hari di perkotaan. 

Teknologi e-Pedal juga sangat membantu pengemudi ketika melewati jalanan turun naik atau bergelombang. Saat di turunan, cukup mengangkat pedal gas, maka mobil secara otomotis mengurangi kecepatan tanpa harus menginjak rem. 

Berstatus sebagai kendaraan hybrid, efisiensi konsumsi bahan bakar jelas menjadi keunggulan yang ditonjolkan. Berdasarkan hasil tes untuk penggunaan normal di perkotaan, konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 19-20 km/liter. 

Terkait soal harga, Nissan Kicks e-Power generasi terbaru dibanderol mulai dari Rp 519 juta on the road DKI Jakarta.

Pilihan Editor: Sempat Kecelakaan dan Ban Depan Bermasalah, Mario Aji Raih Poin di Moto2 Italia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi