Daihatsu Pertimbangkan Produksi Terios tanpa Konde  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 10 Agustus 2009 14:46 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Setelah melakukan tes pasar Daihatsu Terios tanpa konde (ban serep yang berada di pintu belakang) pada ajang Indonesia International Motor Show 2009 (IIMS) yang berlangsung 24 Juli sampai 21 Agustus lalu PT Astra Daihatsu belum berencana memproduksi generasi terbaru Terios tanpa konde tersebut.

Meski demikian tanggapan pasar terhadap uji coba itu cukup positif. “Yang pasti dari hasil survei selama pameran (IIMS) kemarin respon pasar cukup positif. Saya memang belum hasil secara final. Tetapi saat ini kami sedang mendiskusikan dengan principal kami di Jepang apakah memungkinkan untuk memproduksi Terios City Cruiser,” tutur Pradipto Sugondo, Kepala Divisi Pengembangan Produk PT Astra Daihatsu Motor kepada Tempo di Jakarta, Senin (10/8).

Pradipto mengatakan, meski nantinya hasil survei disetujui oleh principal untuk memproduksi varian tersebut namun tidak serta merta Terios baru tanpa konde tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurutnya peluncuran satu produk baru juga harus memperhitungkan siklus dari produk yang diluncurkan sebelumnya. “Seperti lazimnya dalam sebuah pameran kami mungkin akan menampilkannya dalam wujud mobil konsep, bentuknya barangkali akan berbeda dengan yang ada sekarang. Sebab tujuan kami selain mengetahui respon pasar juga ingin menunjukkan kepada publik bahwa publik bahwa proses invasi teknologi, desain di Daihatsu terus dilakukan ,” tandas Pradipto.

Dia menyebutkan masukan dari para pengunjung pameran antara yang berminat dengan Terios tanpa konde dan yang berkonde jumlahnya hanya terpaut sedikit. “Umumnya konsumen usia tua lebih suka SUV Terios memakai konde. Sebab tidak meninggalkan unsur jipnya. Sementara konsumen usia muda lebih suka yang tanpa konde karena mereka lebih suka desain yang minimalis, ringkas tetapi tidak meninggalkan ciri-ciri sebuah SUV,” terang Pradipto.

Ia menjelaskan SUV adalah sebuah mobil sport yang dibangun dengan memadukan konsep mobil jip dan mobil sedan. Unsur sedan terlihat pada bagian depan antara lain fender, kap mesin, serta bemper depan. Sedangkan unsur jip terlihat pada bagian belakang terutama ban serep yang menempel di pintu belakang.

Sebelumnya, Amelia Tjandra, Direktur Penjualan Astra Daihatsu Motor mengatakan dalam hajatan di IIMS 2009, pihaknya sengaja memasarkan Terios Land Cruiser tanpa konde untuk mengetahui respon pasar terhadap kemungkinan diluncurkannya generasi terbaru Terios dengan ciri-ciri tanpa konde.

Amelia menambahkan selama ini pihaknya mengasumsikan respon pasar terhadap varian tersebut seimbang, masing-masing 50 persen.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi