Foton Mobilindo Targetkan Bangun 13 Dealer Setahun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 11 Agustus 2009 14:43 WIB
TEMPO/Arnold Simanjuntak
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Foton Mobilindo Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Foton (otomotif asal Cina) di Indonesia menargetkan pembangunan 13 dealer bengkel dan gerai penjualan suku cadang dalam satu tahun mendatang. Pengembangan layanan purna jual ini juga terkait dengan rencana PT Foton Mobilindo untuk memasarkan varian Multi Purpose Vehicle lain, selain Foton View XLC (extra large cabin).

"Layanan purna jual kami menggunakan konsep integrasi antara sales, service, dan spare part. Selama setahun terhitung Juli ini, kami menargetkan 13 dealer berikut bengkel dan penjualan suku cadang sudah terbangun. Saat ini, hingga akhir 2009, kami targetkan sudah terbangun empat unit," tutur Frans C Harsono, Direktur Pemasaran PT Foton Mobilindo kepada Tempo di Jakarta, Selasa (11/8).

Frans menambahkan target pembangunan dealer tersebut juga untuk menunjang upaya mewujudkan penjualan yang telah ditetapkan. Untuk MPV view XLC, kata Frans, pihaknya menargetkan penjualan 1.000 unit per tahun. Sementara, untuk varian truk ditargetkan terjual 500 unit per tahun.

"Sejak diluncurkan akhir Juli lalu, Foton XLC yang dipesan 100 unit saat ini yang sudah siap dikirim 60 unit. Sedangkan truk, sudah mulai ada pesanan, terutama dari persuhaan jasa konstruksi dan beberapa pertambangan," jelas dia.

Berkaitan dengan telah terjualnya produk dari Foton, keberadaan bengkel serta gerai suku cadang juga dirasakan mendesak. Oleh karena itu, saat ini PT Foton Mobilindo juga tengah merampungkan kesepakatan dengan para investor guna membangun dealer berikut bengkel dan gerai suku cadang.

Frans menyebutkan khusus untuk varian MPV MPX kemungkinan besar akan dirakit di Indonesia. Mobil ini akan dirakit oleh PT Gaya Motor di tanah air sehingga harga jualnya akan lebih kompetitif. Namun demikian, Frans belum berani memastikan kapan varian MPV tersebut akan dipasarkan di tanah air.

Dilihat dari kapasitas mesin, Foton View XLC dinilai sesuai sebagai kendaraan angkutan penumpang. MPV bermesin 2.800 cc turbo diesel ini memiliki struktur body monocoque. Mobil dengan panjang 5.385 milimeter (mm), lebar 1.690 mm, serta tinggi 2.050 mm itu juga tercatat sebagai mobil terpanjang di kelasnya. Bahkan, plat bodinya lebih tebal dibanding MPV lain sekelasnya.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi