Jelang Lebaran, Permintaan Isuzu Panther Naik 15 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 27 Agustus 2009 14:17 WIB
Dok:Panther

TEMPO Interaktif, Jakarta:Hingga pekan ketiga atau terakhir Agustus 2009 ini, permintaan terhadap mobil keluaran Isuzu, yaitu Izusu Panther mengalami peningkatan hingga 15 persen. Tipe terbanyak yang diminati pembeli adalah LS Smart Turbo dan Grand Touring.

Panther Touring"Kalau dilihat year on year hingga Agustus ini, trennya meningkat 10 - 15 persen. Tetapi kalau khusus menjelang lebaran ini, yaitu dilihat dari Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mulai 28 Juli sampai 28 Agustus ini, peningkatan mencapai 15 persen," tutur Maman Faturochman, Kepala Divisi Komunikasi dan Promosi PT Astra Isuzu Motor Indonesia, saat dihubungi, di Jakarta.

Maman menyebutkan, seperti pada tahun dan bulan sebelumnya, permintaan terbesar mobil keluaran Isuzu ini, didominasi tipe LM, LV, serta LS, serta tipe Touring. "Tetapi untuk lebaran kali ini yang terbanyak adalah tipe LS Smart Turbo dan Grand Touring, hampir 50 persen dari pemesanan. Kalau angka pastinya, belum bisa saya sebut karena sebagian SPK masih ada di dealer, apalagi sebelu kami ikut pameran IIMS (Indonesia International Motor Show - 24 Juli - 2 Agustus) lalu, permintaan juga meningkat. Jadi, nanti akhir bulan saya sebutkan rinci," aku Maman.

Dia menambahkan, tingginya permintaan varian Multi Purpose Vehicle (MPV) Isuzu menjelang lebaran saat ini, didasari pertimbangan rasional para calon pembeli. Menurutnya, di tengah daya beli yang masih lemah akibat krisis, masyarakat mempertimbangkan harga bahan bakar dalam perjalanan jauh saat mudik. "Di sisi lain, seperti tag line kami, Panther terbukti irit dengan performa mesin yang tangguh, kuat, daya angkut besar, kabin lapang dan nyaman," paparnya.

Sementara itu data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis awal Agustus lalu menyebutkan, selama Juli, penjualan whole sales Isuzu Panther untuk tipe LM, LV, serta LS mencapai 195 unit. Sedangkan Panther Touring sebesar 123 unit. "Yang pasti, tren tahun ini pertumbuhannya meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya," terang Maman.

Data Gaikindo juga mencatat, penjualan varian MPV trah Isuzu yang terdiri dari tipe LM,LV, LS dan Touring, pada 2008 lalu mencapai 9.367 unit. Menurut Maman, penjualan varian MPV ini memberikan sumbangan sebesar 36 persen dari total penjualan selama 2008.

Sedangkan ihwal program promosi yang dilakukan oleh Isuzu guna mendongkrak penjualan menjelang lebaran, Maman mengaku tidak berubah dengan program sebelumnya, yaitu selain uang muka yang ringan juga tingkat suku bunga yang rendah. "Kami memberikan suku bunga 2,7 persen. Sedangkan untuk tenor kami serahkan ke lembaga pembiayaan, yang pasti sangat fleksibel dan memudahkan calon pembeli," jelasnya.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi