VW Lirik Saham Suzuki
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 19 September 2009 17:39 WIB
carfolio.com

TEMPO Interaktif , Berlin – Industri mobil terbesar Eropa Volkswagen akan menjadi pemegang saham dari pesaingnya dari jepang, yakni Suzuki. Sebelum akhir tahun, pembelian saham ini akan dilakukan menurut majalah industri otomotif Jerman Automobilwoche.

vwNegosiasi sudah dalam tahap akhir dan "kami berharap dapat mencapai persetujuan pada prinsipnya tahun ini," papar majalah otomotif itu mengutip dari eksekutif Suzuki, yang menghadiri pameran mobil Frankfurt.

"Untuk Suzuki dan VW, itu akan menjadi situasi menang-menang. Suzuki akan memiliki akses ke sejumlah besar teknologi Volkswagen, sementara Volkswagen akan memperoleh jalan masuk yang kuat ke dalam pasar India dan Asia Tenggara," papar eksekutif Suzuki kepada majalah.

Sebuah sumber yang dekat dengan VW juga mengatakan kepada majalah industri itu bahwa "jika kami mencapai kesepakatan, kita bisa belajar banyak dari Suzuki".

Pekan lalu, kepala dewan pengawas Volkswagen, Ferdinand Piech, mengatakan ia pikir pembuat mobil harus memiliki dua atau lebih merek. "Dua belas adalah angka yang baik," kata Piech, kepada media di pameran mobil Frankfurt yang dibuka Kamis dan berjalan sampai September 27.

Piech menyatakan kekagumannya dengan mobil yang dibangun oleh Suzuki. VW sedang mempertimbangkan sebuah perjanjian kerjasama dengan perusahaan Jepang, untuk kendaraan dalam kota.

REUTERS| NUR HARYANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi