Subaru Hanya Sediakan 30 Unit Exiga di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 11 Oktober 2009 14:43 WIB
TEMPO/Dwianto Wibowo

TEMPO Interaktif, Jakarta:Meski potensi pasar varian Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga di Indonesia sangat besar, namun distibutor utama Subaru di Indonesia yaitu PT TC Subaru hanya memasarkan 20 - 30 unit Subaru Exiga.

Penjualan dalam jumlah terbatas varian terbaru Subaru itu selain karena jatah dari prinsipal Subaru memang terbatas, juga untuk melakukan tes pasar di Indonesia.

Subaru"Kami juga tidak memasang target penjualan untuk tahun ini. Tujuan kami adalah untuk memperkenalkan kepada publik bahwa Subaru memiliki varian MPV. Kedua, kami ingin mengisi kekosongan segmen pasar MPV Rp 400 juta ke bawah yang saat ini ada sedikit kekosongan," tutur Jimmy Halim, Country Manager PT TC Subaru, di sela peluncuran Subaru Exiga, di Jakarta, Jumat (09/10).

MPV pertama Subaru ini, harus bersaing ketat dengan Honda Odisey, Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Grandis, serta VW Touran yang lebih duluan meluncur di pasar Indonesia. Meski, sebagai pendatang baru, namun Jimmy mengaku optimistis Exiga bakal laku.

Seiring dengan peluncuran varian baru itu, PT TC Subaru juga akan menambah dealer baru guna menambah layanan purna jual kepada konsumen. "Rencanannya, dua sampai tiga dealer baru pada tahun ini dan tahun depan. Di Medan, Surabaya, dan di Jakarta," tandas Jimmy.

Sementara itu, Nicky Mariano, Chief Operation Officer Sales and Marketing Subaru ASEAN, mengaku optimitis Subaru akan berkembang di Indonesia. "Saya yakin bahwa Subaru akan menjadi merek besar di Indonesia dalam dua hingga lima tahun ke depan. Pasar MPV di Indonesia cukup besar, kami memiliki potensi besar untuk segmen ini," ujarnya.

Nicky menandaskan, pihaknya menargetkan, seluruh varian Subaru terjual 100 unit hingga akhir tahun ini. Hingga September lalu, total penjualan seluruh produk Subaru hanya 32 unit. "Saya yakin brand awareness Subaru di masyarakat Indonesia akan berkembang," tegas Nicky.

Exiga ditawarkan dalam dua tipe, yaitu Exiga 2.0GT dan Exiga 2.0i. "Keunggulan Exiga antara lain fitur Subaru Intelligent Chassis. Dan tipe 2.0 GT dilengkapi turbocharger," terang Jimmy. Exiga tipe 2.0i dibanderol Rp338 juta on the road dan Exiga 2.0 GT Rp 488 juta on the road.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi