Produksi Astra Honda Motor Capai 25 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 Oktober 2009 17:08 WIB
TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Astra Honda Motor (AHM) membukukan prestasi dalam produktivitas, yaitu rekor produksi tertinggi di kawasan Asia Tenggara (Asean). Tepat 3 Oktober lalu, pabrikan sepeda motor merek Honda di Indonesia itu, telah membukukan produksi 25 juta unit sepeda motor.

Sementara produk ke 25 juta itu adalah, Honda Vario Techno. Pencapaian produksi hingga 25 juta unit tersebut digapai AHM dalam kurun waktu 38 tahun. "Pencapaian bersejarah itu, bukan saja yang pertama di negeri ini. Tetapi, juga untuk yang pertama kalinya di wilayah Asean," tutur Miki Yamamoto, Presiden Direktur PT AHM pada perayaan pencapaian 25 juta unit produksi, di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (15/10).

Honda Vario TechnoJohannes Loman, wakil Presiden Direktur PT AHM menambahkan, pencapaian prestasi itu telah membawa dampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui penyerapan tenaga kerja. Johannes menyebut, hingga September lalu proses produksi sepeda motor yang diproduksi AHM melibatkan lebih dari 500 pemasok suku cadang, aksesoris, dan perlengkapan.

"Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya kandungan lokal dalam produk Honda yang rata-rata mencapai 95 persen," ujar Johannes.

Sedangkan dari sisi penjualan dan layanan purna jual, PT AHM menggandeng lebih dari 1.600 diler dan 4.000 unit lebih bengkel resmi Honda (Astra Honda Autorized Service Station/AHASS), serta sekitar 7.000 toko suku cadang.

Total tenaga kerja yang terserap oleh jaringan penjualan dan layanan purna jual maupun industri pendukung tersebut, hingga September lalu mencapai 250 pekerja. "Dengan fakta itu, secara tidak langsung menunjukkan bahwa perusahaan telah mendorong penciptaan ribuan lapangan kerja," papar dia.

Sementara, sebut Johannes, di lingkungan PT AHM hingga September lalu mencapai 14 ribu orang.Jumlah itu diyakini akan bertambah, seiring denga bertambahnya pemasok komponen, aksesoris,maupun diler yang terlibat dalam proses produksi, penjualan, hingga pengiriman produk ke konsumen.

Pencapaian rekor produksi ini juga dibukukan di Meseum Rekor Indonesia.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi