Honda Kuasai 45,8 Persen Pasar Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 Oktober 2009 18:46 WIB
Revo

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Astra Honda Motor (PT AHM) produsen sepeda motor merek Honda di Indonesia mengklaim, selama kurun waktu sembilan bulan (Januari - September) 2009, Honda telah menguasai 45,8 persen pangsa pasar sepeda motor di tanah air.

Honda Absolute RevoPT AHM pun bertekad untuk mempertahankan capaian tersebut hingga akhir 2009 yang tinggal dua setengah bulan lagi.

"Caranya dengan berupaya memberikan produk dan teknologi terbaik bagi konsumen di Indonesia," ujar Miki Yamamoto, Presiden Direktur PT AHM, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/10).

Miki juga mengaku optimitis target itu akan tercapai, sebab merek (brand) Honda telah dipercaya konsumen Indonesia selama 38 tahun, sejak pabrikan sepeda motor Honda itu beroperasi di Indonesia. Terbukti, kata Miki, sejak beroperasi hingga 9 Oktober lalu, Honda telah membukukan jumlah produksi tertinggi di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara (Asean) yaitu 25 juta unit.

Hingga saat ini, PT AHM memiliki tiga pabrik dengan total kapasitas produksi mencapai 3 juta unit. Ketiga pabrik itu adalah pabrik di Sunter yang dibangun 1971, di Penggangsaan yang beroperasi sejak 1996, serta pabrik di Cikarang yang mulai dioperasikan 2005 lalu.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut, sepanjang Januari - Agustus penjualan sepeda motor di tanah air mencapai 3.718.175 unit. Asosiasi juga memperkirakan penjualan hingga akhir tahun ini akan menurun 11 persen dibanding 2008, sehingga menjadi 5,5 juta unit. Penjualan pada 2008 mencapai 6,2 juta unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi