Honda Akan Relokasi Produksi Honda Jazz ke Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 Oktober 2009 08:44 WIB
TEMPO/Santirta M.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Menyusul pelemahan mata uang Yen terhadap dolar Amerika Serikat, pabrikan otomotif asal Jepang, Honda Motor Company berencana memindahkan basis produksi Honda Fit atau Honda Jazz ke Amerika Serikat.

Langkah itu dilakukan, seperti dikutip autoworld, untuk meminimalkan potensi kerugian akibat perubahan kurs mata uang Jepang itu terhadap dolar Amerika. Seperti diketahui, Honda Fit merupakan model yang paling populer di negeri Paman Sam tersebut.

Data AutoData Corp menyebutkan, pada 2007, penjualan mobil ini di Amerika mencapai 56.432 unit. Dan pada 2008 penjualan mobil ini tumbuh 87 persen.

Dengan predikat sebagai mobil yang paling populer di negeri itu, wajar bila Honda berniat memindahkan proses produksi mobil yang mendapat penghargaan US Motorist Choice Awards 2009 sebagai mobil teririt itu.

Takanobu Ito, Presiden Honda Motor Compny pun, menyatakan pihaknya serius untuk melakukan pemindahan tersebut. Hingga saat ini, semua model Honda Fit yang dipasarkan di Amerika Serikat masih diproduksi di Jepang. Hampir 80 persen varian ini dirakit di Amerika, dan sisanya diimpor dalam bentuk komplet (built up completely).

Pemindahan produksi itu juga dimaksudkan untuk mendongkrak penjualan produk Honda yang kini tengah melorot di pasar Amerika. Data Global Bussiness and Industries Figures menunjukkan, hingga September tahun ini, penjualan varian hatchback di Amerika menurun 12 persen menjadi 55.475 unit. Sedangkan penjualan Honda menurun hingga 25 persen.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi