Fiat Group Merugi di Kuartal Ketiga 2009  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 Oktober 2009 21:05 WIB
Fiat

TEMPO Interaktif, Milan:Pabrikan otomotif asal Italia, Fiat Group SpA, membukukan kerugian kuartalan tiga kali berturut-turut. Rilis Fiat (Rabu 21/10) seperti yang dikutip Associated Press menyebut, kerugian pada kuartal ketiga itu dipicu oleh kegagalan penjualan truk, serta peralatan konstruksi dan pertanian.

Pabrik FiatKerugian yang diderita Fiat mencapai 168 juta euro atau US$ 251,5 juta, meski penjualan dilaporkan mengalami peningkatan 4 persen.

Namun hasil penjualan itu impas mengingat Fiat juga menjalankan program subsidi untuk mobil kecil dan kendaraan irit bahan bakar atau skema cash for clunkers.

Fiat menyebut, kinerjanya selama kuartal ketiga tahun ini jauh dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 604 juta euro. Pendapatan perusahaan hanya 12 miliar euro atau menurun 15 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 14,3 miliar euro.

"Pelemahan ekonomi global telah membawa dampak yang cukup signifikan terhadap permintaan semua produk grup," ujar sumber Fiat di Turin.

Seperti diketahui, Fiat mengambil alih saham pengendali Chrysler LLC pada Juni lalu, dan Kepala Eksekutif Fiat Group, Sergio Marchionne, akan mengumumkan rencana bisnis lima tahunan Chrysler pada 4 November mendatang.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi