Toyota Tarik Kembali 82.220 Toyota Vitz di Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 Oktober 2009 21:40 WIB
Toyota Vitz

TEMPO Interaktif, Tokyo:Toyota Motor Corp Rabu (21/10) mengumumkan akan menarik kembali (recall) lebih dari 82.220 unit mobil kompak Vitz di Jepang karena adanya kerusakan pada panel saklar jendela yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Toyota VitzPejabat Kemterian Transportasi Jepang, Kazumi Furukawa seperti dikutip Associated Press, mengatakan pihaknya mencatat sedikitnya telah terjadi 32 kasus malfungsi dari saklar jendela pada Toyota Vitz (di Indonesia dikenal dengan Toyota Yaris) tersebut sejak 2007.

Namun, Kazumi menegaskan, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Pejabat itu juga menagatakan, proses penarikan kembali akan dilakukan mulai Kamis (22/10). Sementara itu, Toyota Motor menyebutkan, penarikan kembali akan dilakukan terhadap 82.226 unit Vitz yang diproduksi sejak Januari hingga Agustus 2005.

Model Vitz yang ditarik meliputi DBA-KSP90, DBA-SCP90, DBA-NCP91, serta CBA-NCP95. Juru bicara Toyota juga menyebutkan, minyak pada pada panel saklar jendela kursi pengemudi terakumulasi secara berlebihan setelah penggunaan berulang dan berpotensi risiko kebakaran.

Pabrikan ini mencatat, satu kasus kebakaran akibat kerusakkan tersebut yaitu di bagian barat Prefektur Shimane pada November 2008. "Namun tidak ada korban jiwa," kata juru bicara perusahaan itu.

Meski varian hatchback, Toyota Vitz ini telah dipasarkan ke berbagai negara, namun dalam penarikan ini hanya bagi unit Jepang saja.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi