Toyota Luncurkan Lexus GX 460 Awal 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 November 2009 20:26 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation (TMC) memboyong varian Sport Utility Vehicle (SUV) premium, Lexus GX 460 ke ajang pameran otomotif terbesar di China, Guangzhou Motor Show yang dibuka Selasa (24/11).

Lexus GX460Rencananya, generasi teranyar Lexus itu akan diluncurkan awal 2010 mendatang. Sumber Toyota seperti dikutip autoworld menyebut, mobil ini dibekali mesin V8 4.600 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 300 daya kuda.

Sementara torsi maksimum 446 Newton meter (Nm) disalurkan ke keempat rodanya melalui piranti transmisi otomatis enam tingkat percepatan.

“Yang istimewa dari mobil ini adalah, sistem torsen all-wheel-drive dimana sensor torsi differensial tengah torsen mampu membagi 60 persen daya ke roda belakang di saat kondisi laju mobil normal,” papar sumber tersebut.

Bahkan, pada kondisi tertentu kemampuan membagi daya itu bisa ditingkatkan hingga 70 persen guna meningkatkan stabilitas pada waktu mobil melesat di jalan menikung. Terlebih sistem suspensi mobil ini menggunakan kinectic dynamic suspension system yang merupakan pengembangan teknologi suspensi yang dilakukan Toyota.

Perangkat tersebut, bisa mengurangi gejala oleng ( body roll). Sebab, perangkat itu mampu mengaktifkan silinder hidrolis kecil yang dipasang pada alat yang disebut anti-roll bar. “Bahkan, disediakan (opsional) perangkat adaptive variable suspensionmulti-mode untuk peredaman secara elektronik, sehingga suspensi bisa diatur sesuai keinginan pengemudi,”

Kenyamanan suspensi bukan satu-satunya fitur kenyamanan yang ditawarkan mobil ini. Sebab, di jok bagian depan terdapat ventilasi dan pemanas, AC climate control, wiper dengan sensor air hujan, sensor lampu senja, kamera belakang, sistem audio berfitur bluetooth dengan sembilan speaker menjadi fitur standar.

Sedangkan perangkat navigasi satelit, perangkat audio kelas premium bermerek Mark Levinson dengan 17 speaker serta pemutar di DVD menjadi fitur opsional. Soal keamanan, jangan ditanya.  Sebab, mobil ini dilengkapi sederet fitur keselamatan meliputi kontrol stabilitas, kontrol traksi, antilock brake system (ABS), electronic brake force distribution (EBD) dan brake assist (BA) dengan dilengkapi monitor untuk mengontrol kondisi perangkat-perangkat itu saat digunakan.

Namun, pihak Toyota belum memberikan keterangan ihwal harga yang dibanderol untuk mobil tersebut. Hanya disebutkan, varian SUV premium teranyar itu untuk tahap awal baru dipasarkan di Amerika.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi