Volkswagen New Tiguan Facelift Diluncurkan Awal 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 25 November 2009 15:02 WIB
Dok: VW
TEMPO Interaktif,Guangzhou: Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen, memboyong Crossover New VW Tiguan versi facelift ke ajang Guangzhou Motor Show (GMS) 2009 yang digelar 24 – 30 November. Seperti dikutip autoexpress, sumber di VW menyebut generasi terbaru VW Tiguan itu akan dipasarkan di Cina pada awal 2010 mendatang.

Setelah itu baru menyusul pasar di benua Amerika dan Eropa. Ihwal dipilihnya Negeri Tirai Bambu itu sebagai tujuan pemsaran pertama karena negara tersebut diperkirakan akan menjadi pasar mobil terbesar di dunia menggantikan Amerika Serikat pada masa mendatang.

Seperti dikutip autoworld, penjualan mobil di pasar Cina sepanjang Januari – Oktober lalu mencapai 8,19 juta unit atau meningkat 45,2 persen dibanding periode yang sama 2008.

Pada saat yang bersamaan pemerintah Cina memberikan insentif berupa pemotongan pajak dan subsidi bagi petani yang membeli mobil baru di bawah 1.200 cc. "Pasar akan terus meningkat tahun depan, meskipun tidak seeksplosif tahun ini," kata Yao Yiming , Wakil Presiden Direktur Guangqi Honda, perusahaan patungan Honda Motor Co dan Guangzhou Automobile di sela-sela pameran GMS 2009.

New TiguanProspek pasar Cina yang seperti itulah yang mendorong pabrikan otomotif dunia termasuk VW terus berusaha menggelontorkan produknya ke Cina. Namun, produk facelift tersebut dibuat sesuai dengan selera pasar Cina.

Lantaran itulah, VW membuat beberapa penyempurnaan. Walhasil mobil persilangan antara Sport Utility Vehicle dan Multi Purpose Vehicle tersebut nampak lebih macho namun elegan. “Tampilan gril lebih besar dan menyambung menjadi satu ke lampu utama. Begitu pun dengan tampilan depan,” tandas sumber itu.

New Tiguan generasi sebelumnya dibekali mesin 2.000 cc empat silinder dengan transmisi gearbox enam tingkatan percepatan otomatis dengan Dynamic Shift Programme (DSP) tiptronic serta four motion permanent all-wheel drive.

Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda dan 280 Newton Meter (NM) yang didistribusikan ke keempat roda. Sebagai kendaraan jenis Crossover, New Tiguan tidak hanya lincah di jalan perkotaan tetapi juga handal menaklukkan medan off-road.

Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang maupun pengemudi, mobil ini dibekali dengan Anti-lock Breaking system, Electronic Brake-force Disribution, Electronic Differential Control, Anti-slip regulation, Brake Assist, Electronic Stability Program, serta Traction Control System.

Tidak ketinggalan airbag di depan dan samping. Keunggulan lainnya, pintu mobil ini akan terbuka, lampu hazard dan lampu interior menyala bila terjadi tabrakan. Pada saat bersamaan pompa bahan bakar tertutup secara otomatis sehingga tidak menyebar kemana-mana sehingga terhindar dari potensi kebakaran.

Namun sayang, sumber VW belum memberikan bocoran harga New VW Tiguan versi facelift tersebut. Sekadar informasi, harga New Tiguan generasi sebelumnya, di Jakarta dibanderol Rp. 675 juta on the road untuk wilayah Jakarta.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi